Site icon KaltengPos

HUT Ke-65 Kobar, Kapolres AKBP Yusfandi Ikut Ziarah ke Makam Pendiri Kobar

PANGKALAN BUN-Kapolres Kotawaringin Barat (Kobar) AKBP Yusfandi Usman, S.I.K., M.I.K., mengikuti kegiatan ziarah makam pendiri Kobar, Rabu (2/10/2024) pagi.

Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Pj. Bupati Kobar Drs. Budi Santosa, M.Si., ini juga diikuti oleh unsur FKPD dalam rangka menyambut hari jadi ke – 65 Kabupaten Kotawaringin Barat yang akan jatuh pada 3 Oktober 2024.

Ziarah dilakukan di dalam kawasan pemakaman umum SKIP, dimana ada 6 pusara makam pendiri Kobar di antaranya Gusti Moch Sanusi, Azhar Mukhtas, Dahlan Abas, Abdullah Mahmud, Djanuri, dan Ahmad Said.

Lalu dilanjutkan ziarah ke pusara makam Pangeran Ratu Anum Kusumayudha (Sultan Kutaringin XI), Pangeran Ratu Immanudin (Sultan Kutaringin IX), Pangeran Ratu Ahmad Hermansyah (Sultan Kutaringin X), dan Pangeran Ratu Sukma Alamsyah (Sultan Kutaringin XIII) di Makam Kerajaan (Gubah Bosar dan Gubah Kocit) yang terletak di Jalan Pangeran Diponegoro, Kelurahan Raja, Pangkalan Bun.

“Upacara ziarah makam ini merupakan agenda rutin yang digelar setiap tahun dalam menyambut HUT Kobar sekaligus menghormati jasa para pahlawan,” ujar Kapolres.

Lebih lanjut, Kapolres menyampaikan bahwa hal ini sebagai bentuk rasa hormat dan penghargaan yang setinggi- tingginnya kepada pendiri Kobar atas jasa dan amal baktinya dalam membangun Kobar.

Selain melakukan peletakan karangan bunga, kemudian dilanjutkan tabur bunga ke setiap pusara makam para pendiri, kegiatan ziarah juga dirangkai dengan upacara penghormatan sekaligus doa bersama untuk para pendiri Kobar.(hms/ram)

Exit mobile version