Site icon KaltengPos

Satlantas Lakukan Ramp Check Angkutan Umum

PENGECEKAN - Kasat Lantas Polres Katingan Iptu Lenina Olin, S.Tr.K bersama petugas lainnya, ketika melakukan pengecekan terhadap sejumlah kendaraan menjelang mudik lebaran. Foto: humas polres katingan

KASONGAN – Menjelang arus mudik lebaran Idul Fitri tahun 2022, jajaran Satlantas Polres Katingan bersama Bagian Perhubungan, Dinas Kesehatan, turun ke lapangan melakukan Ramp Check terhadap angkutan umum. Kegiatan dipusatkan di UPTD pengujian Ranmor Jalan Tjilik Riwut Km 17 Desa Hampalit, Kecamatan Katingan Hilir, Kabupaten Katingan, Rabu (20/4).

Kapolres Katingan AKBP Paulus Sonny Bhakti Wibowo SH SIK MIK melalui Kasat Lantas Iptu Lenina Olin STrk mengatakan,  bahwa kegiatan ini sekaligus melaksanakan tes urin kepada para pengemudi, dan juga vaksinasi dosis I, II dan booster. “Ini bertujuan dalam upaya mempersiapkan mudik hari raya Idul Fitri 1443 Hijriah atau tahun 2022 supaya aman dan lancar,” jelas kepada wartawan, Kamis (21/4).

Selain itu dia juga mengungkapkan, bahwa kegiatan tersebut juga sekaligus, mensosialisasikan undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ). Kemudian sosialisasi pentingnya protokol kesehatan (Prokes).

“Kami juga melakukan pengecekan surat-surat kelengkapan kendaraan. Pengecekan kondisi instrumen kendaraan (lampu utama, sein, wiper, rem, dan lain-lainnya). Pengecekan kondisi dan tekanan ban, hingga himbauan untuk selalu mengutamakan keselamatan diri pribadi dan orang lain,” katanya.

Dari hasil kegiatan Ramp Check tersebut. Untuk tes urin yang dilakukan terhadap 17 orang, semua hasilnya negatif. Lalu untuk vaksinasi ada dilakukan untuk, 34 orang. “Jadi dari kegiatan ini kami lakukan untuk menurunkan angka kecelakaan lalu lintas. Meningkatkan kesadaran, dan kedisiplinan pengemudi dalam berlalu lintas,” tandasnya.(eri/ko)

Exit mobile version