Site icon KaltengPos

Implementasi Kualitas Perencanaan Pembangunan Desa

PALANGKA RAYA- Pemerintah Provinsi Kalteng melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi mengadakan Pelatihan Perencanaan Pembangunan Desa. Kegiatan berlangsung di Batang Garing Ballroom Best Western Hotel, Kamis (3/10) kemarin.
Dengan mengusung tema “Implementasi Kualitas Perencanaan Pembangunan Desa Wujudkan Desa yang Mandiri Menuju Kalteng Makin Berkah” kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Dinas PMD Provinsi Kalteng H Aryawan. “Perlu adanya visi dan cita-cita bersama yang disusun dalam bentuk dokumen sistematis berisikan aspirasi, kepentingan dan kebutuhan warga desa,”tegas Ariawan.
Selain itu, diungkapkan Ariawan, Perencanaan Pembangunan Desa yang disusun nantinya akan dijabarkan dalam dokumen RKPDes sebagai pedoman penyusunan APBDes.
“Melalui pelatihan perencanaan pembangunan Desa, dapat mendorong tata kelola pemerintahan Desa menjadi lebih baik dalam menyelaraskan arah kebijakan, menyusun RPJMDes, RKPdes dan DU-RKP Desa dengan baik,” ungkapnya.
Sementara itu, dalam laporannya, Kepala Bidang Penyelenggaraan Pemerintahan Desa, Bernie Saputra menyebutkan kegiatan yang diikuti oleh Kepala Urusan Perencanaan Desa dan Operator Desa yang berjumlah 114 orang dari 57 Desa ini bertujuan untuk penguatan kapasitas aparatur dalam perencanaan pembangunan Desa dan sinergisitas perencanaan pembangu­nan Desa dengan arah kebijakan Pemerintah Pusat dan Daerah.
Kegiatan kemudian dirangkai dengan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Kalimantan Tengah dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Kalteng tentang Pemanfaatan Nomor Induk Kependudukan, Data Kependudukan dan Kartu Tanda Penduduk Elektronik dalam Layanan Lingkup Tugas DPMD.
Turut hadir pada kegiatan, Plt. Kadis Dukcapil Prov. Kalteng Edy Karusman, Kadis PMD se-Kalteng/yang mewakili, Pejabat Struktural dan JFT lingkup DPMD Prov. Kalteng, Koordinator P3MD, dan Tim P3PD. (hms/nue)

Exit mobile version