Site icon KaltengPos

Pemprov Kalteng Fokus Jaga Ketersediaan Bapok Jelang Nataru

WAWANCARA : Sekretaris Daerah Kalimantan Tengah H Nuryakin saat diwawancarai awak media usai menghadiri upacara Gelar Pasukan Operasi Lilin Telabang 2022 di Lapangan Barigas Mapolda Kalteng, Kamis (22/12/2022). ARIEF PRATHAMA/KALTENG POS

PALANGKA RAYA – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalimantan Tengah H Nuryakin mengatakan, pihaknya terus menjaga ketersediaan bahan pokok (bapok) yang menjadi kebutuhan sehari-hari masyarakat. Utamanya menjelang Natal 2022 dan tahun baru (nataru) 2023 ini, beberapa kebutuhan pokok berpotensi besar mengalami kenaikan harga jika tidak dipantau terus-menerus.

“Kita sudah melakukan sidak ke beberapa grosir pasar, yang kita harapkan masyarakat bisa tenanglah,” kata Nuryakin usai menghadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Telabang 2022 di Mapolda Kalteng, Kamis (22/12/2022).

Menurut sekda, masyarakat dapat tenang jika pasokan pangan sudah tersedia dan keamanannya terjaga. Untuk menjaga harga kebutuhan pokok itu, pihaknya terus melaksanakan inspeksi mendadak (sidak) pasar di beberapa wilayah agar harga bapok dapat terpantau.

“Kita sudah adakan sidak. Satgas pangan kita sudah turun kemarin. Kita sudah mengecek bahwa kesiapan bahan pokok penting kita untuk Natal dan tahun baru ini aman,” ujarnya.

Sekda mengungkapkan, upaya sidak juga masih pihaknya lakukan sampai saat ini. Rencananya pihaknya juga melaksanakan pasar penyeimbang terakhir yaitu di Gunung Mas, Murung Raya, dan Barito Utara.

“Seluruh kabupaten/kota sudah kita adakan pasar penyeimbang. Artinya bahwa dengan pasar penyeimbang itu harganya bisa stabil,” tandasnya. (dan/ens)

Exit mobile version