Site icon KaltengPos

Masyarakat Tinggal Dekat Sungai Mesti Waspadai Banjir

Anggota DPRD Barito Utara, Iqbal Reza Erlanda. (DPRD BARITO UTARA)

MUARA TEWEH-Intensitas hujan yang cukup tinggi beberapa hari terakhir mengakibatkan debit air di Sungai Barito naik. Akibatnya, sejumlah daerah di sekitar sungai itu terendam banjir. Kondisi itu dapat dilihat pada Minggu (5/9).

Anggota DPRD Barito Utara, Iqbal Reza Erlanda minta kepada masyarakat, terutama yang rumahnya di pinggiran sungai agar lebih waspada lagi. Karena saat ini masih sering terjadi hujan lebat. Dikhawatirkan airnya akan terus naik.

“Selalu waspada, terutama warga yang tinggal di pinggiran sungai. Karena, debit air terus semakin naik dan sudah merendam beberapa akses jalan, bahkan rumahrumah warga,” ungkapnya.

Menurut dia, banjir seperti sekarang ini, memang sudah langganan setiap tahunnya. Masyarakat tidak heran lagi, apabila pada musim hujan, beberapa titik wilayah Kabupaten Barito Utara pasti terjadi banjir.

“Anak-anak bahkan suka bermain air pada saat musim banjir. Inilah yang kita waspadai dan setiap orang tua agar lebih ekstra pengawasan terhadap anaknya saat main di air,” kata politikus Partai Demokrat tersebut.

Iqbal juga mengampresiasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat yang selalu siapa siaga hingga tindakan yang selama ini mereka lakukan dalam menghadapi bencana banjir di wilayah itu. “Kita juga bangga terhadap pemudanya yang peduli. Salah satunya Relawan Muda Peduli Bencana (RMPB) yang pagi tadi (kemarin) sudah bergerak menyusuri beberapa titik lokasi banjir guna melakukan pemantauan dan mencari masyarakat yang butuh bantuan untuk proses evakuasi,” ungkap Iqbal. (adl/ens)

Exit mobile version