Site icon KaltengPos

Ketua Dewan Apresiasi Panen Padi Varietas Intani

Hj Mery Rukaini, Ketua DPRD Barito Utara

MUARA TEWEH–Pada Kamis (19/1/2023) lalu, Pemerintah Kabupaten Barito Utara melalui Dinas Pertanian setempat telah melaksanakan panen raya padi sawah varietas intani di lahan Kelompok Tani (Poktan) Mitra Laba Desa Paring Lahung, Kecamatan Montallat. Panen padi untuk kedua kalinya ini mendapat apresiasi Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Barito Utara Ir Hj Mery Rukaini MIP.

Dalam panen raya yang dihadiri Bupati Barito Utara H Nadalsyah didampingi Wakil Bupati Sugianto Panala Putra, Ketua DPRD Hj Mery Rukaini, kapolres, perwakilan Dandim 1013 Muara Teweh, FKPD dan dihadiri anggota DPR RI dapil Kalimantan Tengah Bambang Purwanto dan Wakil Ketua II DPRD Provinsi Kalimantan Tengah H Jimmy Carter serta undangan lainnya ini berjalan sukses dan lancar.

Menurut Ketua DPRD Barito Utara Hj Mery Rukaini, dengan adanya panen padi sawah varietes intani yang dilakukan bersama Poktan Mitra Laba ini diharapkan dapat membantu dan menjadi sektor pendukung bagi perekoniman daerah Barito Utara. “Dengan pengembangan ini, di sam­ping menyediakan pangan, juga memberikan kesempatan bagi masyarakat sekitar dalam lapangan pekerjaan,” kata ketua DPC Partai Demokrat Barito Utara tersebut.

Ketua dewan ini berharap, dengan adanya ketersediaan padi ini dapat meminimalkan pengimporan beras dari daerah lain, ditambah menjelang bulan suci Ramadan yang diperkirakan Maret 2023 nanti. “Saya harap nantinya stok padi ini dapat mencukupi kebutuhan masyarakat sekitarnya, hingga nanti masuknya bulan Ramadan hingga lebaran, agar masyarakat yang membutuhkan tidak perlu khawatir akan ketersediaan beras,” harapnya.

Dalam panen raya yang dilaksanakan kedua kalinya ini juga mendapat apresiasi dari berbagai pihak. Karena di lahan yang bisa dikatakan baru ini dapat menghasilkan yang sangat maksimal.

Mery Rukaini juga mengapresiasikan jenis tanaman lainnya seperti jagung yang ada di wilayah Barito Utara. Karena Barito Utara merupakan penghasil jagung terbesar di Kalteng. (noy*/ens)

Exit mobile version