Site icon KaltengPos

Aktif Mengawasi dan Mensukseskan Pilkada

HADIRI: Anggota DPRD Kalteng, Purman Jaya saat menghadiri Rapat Gabungan Komisi DPRD dengan Tim Pemprov di ruang rapat gabungan DPRD Kalteng, baru-baru ini.

PALANGKA RAYA – Seluruh anggota DPRD terpilih pada pemilu 2024 diharapkan bisa berperan aktif dalam mengawasi dan mensukseskan jalannya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang akan digelar pada bulan November mendatang.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalimantan Tengah (Kalteng), Purman Jaya, menegaskan pentingnya keterlibatan anggota DPRD dalam menjaga proses demokrasi yang bersih dan transparan. Sebab, sebagai wakil rakyat, tentu memiliki tanggung jawab besar untuk memastikan Pilkada serentak berjalan dengan aman, tertib, dan bebas dari praktik-praktik yang merugikan masyarakat.

Ia juga menekankan, partisipasi aktif para anggota DPRD tidak hanya terbatas pada pengawasan proses pemungutan suara, tetapi juga mencakup pengawasan terhadap kampanye dan penyelenggaraan lainnya. “Anggota dewan juga harus memastikan bahwa setiap tahapan Pilkada dilakukan sesuai dengan peraturan dan hukum yang berlaku. Ini termasuk memantau kampanye agar tidak ada kecurangan atau penyalahgunaan kekuasaan,” tuturnya, Kamis (25/7/2024).

Selain itu, Purman Jaya mengingatkan pentingnya kolaborasi antara DPRD, Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), dan elemen masyarakat lainnya. Melalui sinergi antar lembaga, maka akan menciptakan Pilkada yang kredibel dan diterima oleh seluruh lapisan masyarakat.

Ia menuturkan, pilkada serentak 2024 akan menjadi momen penting bagi Kalimantan Tengah, karena akan memilih pemimpin daerah yang akan memimpin selama lima tahun ke depan. Keterlibatan aktif dan pengawasan dari berbagai pihak tentu diharapkan dapat meningkatkan kualitas demokrasi di Tanah Air, khususnya Bumi Tambun Bungai. (ovi/ans)

Exit mobile version