Site icon KaltengPos

Waspadai Munculnya Penyakit Demam Berdarah

Sekertaris Komisi III DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, H.Sanidin.S.Ag

SAMPIT- Sekertaris Komisi III DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), H.Sanidin.S.Ag mengingatkan masyarakat agar mewaspadai munculnya penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) dan bencana banjir pada musim hujan kali ini.

“Tanpa mengabaikan pandemi Covid-19 yang belum berakhir, saya rasa masyarakat juga perlu mewaspadai munculnya penyakit DBD saat musim hujan karena penularan penyakit ini dapat menyebabkan kematian. Berikutnya yang perlu diwaspadai adalah peningkatan curah hujan yang dapat menyebabkan bencana banjir,” kata Sanidin, Kamis (26/5).

Menurutnya saat musim hujan seperti ini  perkembangbiakan nyamuk yang dapat menyebabkan DBD biasanya meningkat akibat adanya genangan air di berang bekas ataupun saluran drainase, maka ini harus sering dibersihkan.

“Pola hidup bersih dan sehat dalam masyarakat juga sangat penting, Lingkungan sekitar rumah yang menyebabkan genangan air seperti saluran yang tersumbat dan sampah harus dibersihkan sehingga nyamuk tidak bersarang,” ujar Sanidin.

Politisi Partai Gerindra ini juga mengingatkan masyarakat yang berada di wilayah rawan banjir, agar melakukan upaya antisipasi jika sewaktu-waktu terjadi banjir demi mencegah kerugian materi maupun korban jiwa.

“Kalau wilayah yang langganan banjir warga dan pemerintah desa setempat harus lebih waspada serta memahami tanda-tanda datangnya banjir sehingga dapat mempersiapkan evakuasi,” ucapan Sanidin.

Dirinya juga meminta agar OPD terkait seperti dinas kesehatan, dinas sosial dan BPBD harus mempersiapkan penanganan bencana kalau sewaktu-waktu dibutuhkan, apalagi pada saat musim penghujan saat ini.

“Koordinasi lintas OPD harus berjalan dengan baik sehingga ketika terjadi bencana masyarakat dapat terlayani dengan maksimal tanpa menunggu masyarakat protes di media sosial dulu,” tutupnya.(bah/ko)

Exit mobile version