Site icon KaltengPos

NU dan Muhammadiyah Miliki Andil yang Besar dalam Pendidikan

PELETAKAN: Wakil Ketua I DPRD Kalteng H Abdul Razak secara sombolis meletakan bata pertama pembangunan Masjid Al-Ijtihad, di Kelurahan Kalampangan, Kecamatan Sabangau, Rabu (7/9).

PALANGKA RAYA-Wakil Ke tua I DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng), H Abdul Razak turut menghadiri sekaligus mengikuti prosesi peletakan bata pertama pembangunan Mesjid Al-Ijtihad, yang berlokasi di Jalan Tabat Kalsa, Kelurahan Kelampangan, Kecamatan Sabangau, Rabu (7/9).

Dalam sambutannya, Abdul Razak menyampaikan, jika Muhammadiyah dan NU memiliki andil yang besar dalam pendidikan serta pembangunan rumah ibadah di Indonesia, tanpa terkecuali di Bumi Tambun Bungai. Sehingga besar harapannya pembangunan Masjid Al-Ijtihad dapat memberikan manfaat bagi warga masyarakat diwilayah setempat.

“Mohon doa dan dukungannya agar Masjid Al-Ijtihad ini dapat selesai tepat waktu. Sehingga dapat difungsikan sebagaimana mestinya,” kata Razak.

Wakil rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) III meliputi Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Lamandau dan Sukamara ini menyampaikan jika saat ini akses jalan menuju Masjid Al-Ijtihad harus mendapat perhatian khusus.

“Apabila sudah didukung dengan jalan yang baik, warga dapat menuju ke masjid dengan aman dan nyaman. Untuk fasilitas keperluan tempat ibadah, PW Muhammadiyah bisa mengajukan permohonan bantuan ke Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya ataupun Pemerintah Provinsi (Pemprov),” saran Politisi senior Partai Golkar Kalteng ini.

Disisi lain, Ketua PW Muhammadiyah Kalteng, Prof Dr H Achmad Syar’i menyampaikan, jika progres pembangunan Masjid Al-Ijtihad telah berjalan sejak setahun yang lalu.  Namun ada beberapa hal yang mengharuskan proses pembangunannya sempat tertunda sementara.

“Dulu pembangunan Masjid ini memang sempat tersandung beberapa masalah, seperti  masalah status lahan pembangunan. Namun Alhamdullilah saat ini segala permasalahan tersebut sudah Clean and Clear, serta progres pembangunan Masjid Al-Ijtihad sudah bisa berjalan kembali,” bebernya.

Dijelaskan anggaran yang terkumpul untuk pembangunan Masjid Al-Ijtihad sebesar Rp.250 Juta, sedangkan estimasi pembangunan Rp.259 juta. Namun kekurangan tersebut telah tertutupi melalui donasi dari sejumlah dermawan dengan total lebih dari Rp 50 Juta.

Hadir dalam kegiatan, Wakil Ketua I DPRD Kalteng, H. Abdul Razak, Ketua PW Muhammadiyah Kalteng, H. Achmad Syar’i, Ketua Tanfidziyah PW NU Kalteng H Wahyudie F Dirun,  Direktur Utama (Dirut) Bank Kalteng, Kepala Biro Kesra Provinsi Kalteng, Walikota Palangka Raya yang diwakili, Ketua MUI, Ketua Wilayah LDII, Rektor UMP, Direktur RSI PKU, serta tamu undangan lainnya. (ahm/ans/kol)

Exit mobile version