Site icon KaltengPos

Masifkan Sosialisasi Pencegahan Penularan HIV dan AIDS

Sejumlah Anggota DPRD Kota Palangka Raya mengikuti rapat paripurna di gedung DPRD setempat, baru-baru ini.

PALANGKA RAYA-Anggota Komisi C DPRD Kota Palangka Raya Susi Idawati meminta kepada dinas terkait agar tidak lengah melakukan pencegahan penularan penyakit HIV dan AIDS di wilayah setempat. Hal ini dikarenakan virus HIV dan AIDS salah satu penyakit berbahaya yang dapat menular. Untuk itu, dirinya mendorong dinas terkait melakukan sosialisasi bahaya penyakit ini serta upaya pencegahannya kepada masyarakat.

“Saya mendorong pemerintah Kota Palangka Raya melalui Komisi Penanggulangan HIV AIDS, agar menyosialisasikan pencegahan HIV/ AIDS dengan maksimal, yang mana Komisi Penanggulangan HIV AIDS diketuai langsung oleh Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin,” ungkapnya kemarin

Wanita yang menjabat sebagai Sekretaris Komisi Penanggulangan HIV AIDS Kota Palangka Raya ini mengungkapkan berdasarkan data tahun 2021, setiap bulannya kasus orang terinfeksi HIV AIDS mengalami peningkatan. Susi mengingatkan kepada masyarakat terhadap pasien ODHA (orang dengan HIV AIDS) agar tidak menjauhi penderitanya melainkan menjauhi penyakitnya. Karena, HIV hanya menular melalui tranfusi darah atau hubungan seksual. Dengan tidak menjauhi penderita, mereka akan tetap dapat beraktivitas seperti biasa dan mendapatkan kesempatan serta hak yang sama layaknya orang sehat. Mereka juga tetap meminum obat sesuai anjuran.

“Agar tetap sehat dan tidak menularkan penyakitnya kepada orang lain. Ingat, jauhi pergaulan bebas dan tetap setia pada pasangan. Mari bersama-sama dengan pemerintah mengantisipasi penularan penyakit HIV atau AIDS,” pungkasnya. (ahm/uni/ko)

Exit mobile version