Site icon KaltengPos

Tingkatkan Pengawasan dan Efektivitas Belanja Daerah

Heri Purwanto

PALANGKA RAYA – Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya diminta untuk lebih efektif dalam memonitoring dan pengawasan terhadap perencanaan pelaksanaan program belanja daerah. Demikian disampaikan Sekretaris Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Heri Purwanto, belum lama ini.

Monitoring itu diharapkan, dapat terlaksana secara langsung maupun tidak langsung agar kualitas dan peningkatan sarana prasarana dapat benar-benar terasa. Begitu pula dalam hal peningkatan kesejahteraan sosial masyarakat untuk dapat dioptimalkan.

Selain itu, legislator yang tergabung dalam fraksi Gerakan Nurani Bangsa DPRD Kota Palangka Raya tersebut meminta kepada Pemko Palangka Raya untuk kedepannya lebih keras bekerja dalam mendorong sumber daya anggaran. Oleh karena itu perlu adanya pembenahan pengelolaan keuangan daerah.

Terutama meningkatkan sumber daya fiskal dan pemanfaatan anggaran agar dapat optimal untuk mencapai target pembangunan yang lebih apik.

“Kami juga memberikan masukan untuk memaksimalkan potensi kenaikan pendapatan di sektor parkir,” ujarnya pada media belum lama ini.

Di sektor parkir, lanjut Heri, dengan sistem perparkiran yang baik dalam penerapan terintegrasi agar tidak terjadi masalah kebocoran pendapatan dari retribusi parkir. Dengan demikian sektor parkir dapat menjadi sumber pemasukan bagi daerah yang juga bedampak terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Sebab seperti kita ketahui, PAD menjadi kunci utama dalam menyukseskan setiap pelaksanaan program maupun kegiatan pembangunan,” terangnya. (ham/ans)

Exit mobile version