Site icon KaltengPos

MTs Annur Gunakan CBT E-Learning

PALANGKA RAYA –  MTs Annur Palangka Raya mulai menggunakan CBT E-learning dalam penilaian akhir tahun (PAT) semester genap ini. Ini berbeda dengan penilaian saat smester ganjil yang masih menggunakan google form dalam ujian semester.

“Alhamdulillah pelaksanaan PAT pada 5 Juni 2021 menggunakan CBT e-learning perdana ini berjalan lancar. Sebelum pelaksanaan telah dilakukan berbagai persiapan. Mulai dari pembuatan video tutorial sampai ujicoba,” ujar Kepala MTs Annur Palangka H Rus’ansyah MPd.

Penilaian Akhir Tahun (PAT) Genap adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik di akhir semester Genap. Cakupan penilaian meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan semua Kompetensi Dasar (KD) pada semester tersebut.

Hasil penilaian akhir semester selanjutnya diolah dan dianalisis untuk menge­tahui ketuntasan belajar peserta didik. Hasil penilaian ini dapat dimanfaatkan untuk program remedial, pengayaan, dan pengisian rapor.

Kegiatan PAT Genap ini dikoordinatori oleh Wakil Kepala Bidang Kurikulum MTs  Annur, Exca Yeana dibantu oleh tim panitia yang telah dibentuk dan ditetapkan pada rapat sebelumnya yang terdiri admin, teknisi dan proktor serta dibantu oleh semua wali kelas.

PAT yang digelar secara daring ini diikuti oleh seluruh siswa-siswi kelas VII dan VIII yang mencapai 206 orang dengan jadwal yang telah diedarkan jauh sebelumnya.

Juhairi Yansah selaku operator E-Learning dan teknisi berharap dan optimis terhadap kesuksesan pelaksanaan PAT daring ini. Menurut penuturannya, panitia sudah berusaha dan berikhtiar melakukan persiapan-persiapan, juknis dan lain sebagainya. Bahkan menurutnya panitia sudah membuat video tutorial cara login ke CBT e-learning madrasah hingga melakukan uji coba sebelum pelaksanaan PAT ini.

“Alhamdulillah jauh-jauh hari kita sudah melakukan uji coba PAT Genap ini untuk memastikan kesiapan siswa menggunakan laptop atau HP, memastikan jaringan dan penggunaan wifi atau paket data siswa, dan memastikan siswa bisa login, latihan soal, mengirim jawaban, dan log out,” terangnya

Salah satu siswi kelas 7b Siti Aisyah yang mengikuti PAT Online Genap mengatakan bahwa PAT ini baginya adalah ujian perdana.

“Walaupun awalnya agak gugup, namun saya bersyukur karena bisa mengerjakan semua soal yang diujikan. saya berharap bisa mengikuti PAT dari awal hingga selesai dan mendapatkan nilai-nilai yang baik”, tutupnya. (juhairi yansah/sma)

Exit mobile version