Site icon KaltengPos

Mahasiswa KKN Kebangsaan di Desa Kanamit Lakukan Aksi Peduli Lingkungan

SOSIALISASI PHBS : Mahasiswa KKN Kebangsaan melakukan aksi peduli lingkungan melalui sosialisasi PHBS kepada siswa di SDN Kanamit 01 dan SDN Kanamit 02, Kamis (11/08/2022)

PALANGKA RAYA  – Selama melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kebangsaan Juli-Agustus, ada banyak program yang dilakukan. Diantaranya adalah program peduli lingkungan seperti dilaksanakan oleh mahasiswa yang ditempatkan di Desa Kanamit, Kecamatan Maliku, Kabupaten Pulang Pisau.

Kelompok mahasiswa KKN Kebangsaan di Desa Kanamit yang beranggotakan 10 orang, Abdul Rahman, Andini Rahayu, Felicia Lisandra, Gusti Gilang, Krisda Maya, M. Alif Mulky, Meldi Marselus, Oktaviani Sihombing, Putri Patricia, Rena Maryati. membuat program aksi peduli lingkungan.

Seperti dirilis oleh Gusti Gilang salah satu mahasiswa, program ini berupa kegiatan pembuatan bak sampah, penyediaan tempat sampah (organik, anorganik, B3). Ada juga sosialisasi pemilahan sampah kepada masyarakat, sosialisasi PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) kepada siswa SD, sosialisasi pencegaha kebakaran hutan dan lahan (karhutla) pemasangan papan bicara sebagai warning bagi masyarakat untuk buang sampah pada tempatnya yang tersebar di berbagai tempat, seperti pinggiran sungai, pasar, dan sekolah.

 “Kami mengundang kepala desa, staf desa, BPD, tenaga kesehatan, dan seluruh masyarakat untuk menghadiri sosialisasi terkait pemilahan sampah organik, non organik, dan B3,” ujar Gilang mahasiswa dari Universitas Maritim Raja Ali Haji (Umrah) Kepulauan Riau melalui rilisnya.

Saat melakukan sosialisasi, warga sangat antusias dalam mengikuti sosialisasi terkait pemilahan sampah. Hal ini terlihat dari banyaknya warga yang bertanya terkait pemilahan sampah ini. Selain itu, jumlah siswa yang mengikuti sosialisasi terkait PHBS adalah sebanyak 127 orang dengan rincian 64 siswa di SDN Kanamit 01 dan 63 siswa di SDN Kanamit 02 diikuti dengan kepala sekolah dan guru kelas masing-masing.

“Tidak hanya melakukan sosialisasi, kami juga memberikan tempat sampah, tempat cuci tangan, dan 2 spanduk terkait PHBS pada masing-masing sekolah sebagai sarana kebersihan.” ujar Putri Patricia, mahasiswa KKN Kebangsaan.

“Adanya aksi peduli lingkungan ini sangat membantu kami dalam mengatasi permasalahan terkait sampah. Semoga dengan adanya aksi peduli lingkungan dari mahasiswa KKN Kebangsaan ini setiap warga di Desa Kanamit dapat lebih peduli lagi terkait kebersihan,” tutur Kepala Desa, Hadi. (rls/sma)

Exit mobile version