Peda KTNA Memotivasi Petani-Nelayan

23
KEBERSAMAAN: Kepala DPKP Kota Palangka Raya Sugiyanto SPt MSi (empat dari kanan) foto bersama perwakilan kelompok tani saat memperlihatkan piala lomba Peda KTNA yang berhasil diraih, Jumat (1/12/23). ( FOTO : HIKYANT/KALTENG POS )

PALANGKA RAYA-Pekan Daerah (Peda) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) XIII Tingkat Provinsi Kalteng dilaksanakan di Desa Natai Sedawak Kecamatan Sukamara Kabupaten Sukamara, sejak 19-24 November 2023. Untuk meningkatkan motivasi dan kegairahan petani-nelayan, dan masyarakat pelaku agribisnis dalam pembangunan sistem dan usaha agribisnis yang berdaya saing, berkerakyatan dan berkelanjutan.

“Secara khusus, kegiatan ini bertujuan meningkatkan kepemimpinan dan kemandirian KTNA, memperkuat kelembagaan KTNA, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan KTNA, meningkatkan jiwa wirausaha dan kesadaran terhadap lingkungan,” ucap Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kota Palangka Raya Sugiyanto SPt MSi, Jumat (1/12/23).

Sugiyanto juga menyampaikan, Peda KTNA merupakan forum pertemuan petani dan nelayan yang diselenggarakan oleh panitia penyelengara provinsi sebagai media konsolidasi, komunikasi dan transformasi pengetahuan teknologi inovasi untuk petani nelayan, pengusaha, para pemangku kebijakan dan juga stakeholder lainnya.

Baca Juga :  Tahun Baru di Swiss-Belhotel Danum Palangka Raya Meriah

Dalam pelaksanaannya, tambah Sugiyanto, ada berbagai cabang lomba yang digelar. Ada 34 peserta kontingen dari Palangka Raya yang mengikuti lomba tersebut. Terdiri dari para KTNA, petani milenial, Kelompok Wanita Tani (KWT), penyuluh pertanian dibawah binaan DPKP Palangka Raya.

“Dalam cabang lomba tersebut kontingan Palangka Raya sudah menyumbangkan yang terbaik yaitu, juara I kategori lomba asah terampil, lomba bongkar pasang traktor, lomba bakar jagung, lomba pepes ikan, kemudian Juara II lomba paduan suara dan Juara III kategori stan terbaik, serta lomba merangkai sayur dan buah,” terangnya.

Sementara itu, Ketua KTNA Abdul Kadir, menyampaikan terima kasih kepada Pj Wali Kota Palangka Raya Dr Hera Nugrahayu MSi dan Kepala DPKP Palangka Raya Sugiyanto SPt MSi. “Terimakasih karena selalu memberikan dukungan yang luar biasa selama pelaksanaan PEDA beberapa waktu,” tandasnya. (kom/yan/ktk/aza/a/)

Baca Juga :  FISIP UPR Gelar Seminar Nasional