Site icon KaltengPos

Mahasiswa FKIP UPR Dibekali Modal Berwirausaha

PENGEMBANGAN KREATIVITAS: Pihak FKIP UPR menyelenggarakan kegiatan pengembangan usaha mikro bidang peternakan ayam petelur.

PALANGKA RAYA- Usaha mikro memiliki kedudukan penting dalam mendukung pembangunan dan perekonomian di Indonesia. Untuk itu, sumber daya manusia harus dibentuk sedini mungkin. Terutama bagi kalangan mahasiswa.

Di Universitas Palangka Raya (UPR), pengembangan usaha mikro diselenggarakan untuk mendukung kreativitas mahasiswa. Bidang yang dipilih adalah bidang peternakan ayam petelur.

Mahasiswa begitu antusias mengikuti kegiatan yang dilaksanakan pada 7-8 September lalu ini.  Dari kuota yang semuala direncakanan 30 orang, ternyata membengkak menjadi 52 orang. 41 orang mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan 11 orang dosen. 

Kegiatan yang diselenggarakan di meeting room Hotel Dandang Tingang Palangka Raya ini dibuka secara langsung Dekan FKIP UPR, Dr Natalina Asi, M.Si, dan didampingi oleh Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan Dr Gunarjo S. Budi, M.Sc. Narasumber dihadirkan dari Kalimantan Selatan, yaitu drh Ana Agung.

“Hari pertama diisi dengan paparan narasumber yang berkaian dengan potensi usaha di bidang ayam patelur beserta tantangan dan masa depannya. Sesi kedua diisi dengan materi strategi pencegahan penyakit terhadap ayam petelur,”kata Ketua Panitia Pelaksana Dr Andi Bustan, M.Si kepada Kalteng Pos.

Pria yang juga menjabat sebagai Ketua Perhimpunan Insan Perunggasan Rakyat Indonesia (Pinsar) Kalimantan Tengah ini menyebut, kegiatan ini juga bersentuhan dengan mata kuliah kewirausahaan yang diharapkan dapat membentuk jiwa entrepreneur muda di lingkungan kampus. Di mana materi kegiatan yang diberikan mahasiswa juga harus bersentuhan dengan kebutuhan masyarakat, khusunya Kalimantan Tengah, akan pemenuhan telur dan daging ayam. “Saat ini ketergantungan ayam pedaging dan teluar masih sangat tinggi bahkan mencapai 58 persen dari kebutuhan masyararakat, dan untuk mencukup ini harus didatangkan dari provinsi tetangga, salah satunya Kalimantan Selatan,”tuturnya.(sos/ram/ko)

Exit mobile version