Site icon KaltengPos

377 siswa SMAN 5 Palangka Raya Kemah Pelajar Pancasila

KEMAH PELAJAR  : Kabid Pembinaan SMA Dinas Pendidikan Kalteng Safrudin (kiri) bersama Kepala SMAN 5 M Ramli (kedua dari kanan) dihadapan seluruh peserta kemah Profil Pelajar Pancasila.

PALANGKA RAYA – Halaman SMAN 5 Palangka Raya tampak dipenuhi siswa sekolah ini yang berbaris serapi batang korek api. Ada 337 siswa yang tampak antusias mengikuti upacara pembukaan Kemah Pelajar Pancasila yang dilaksanakan, Kamis (27/7).

Pada upacara tersebut Kabid Pembinaan SMA Disdikprov Kalteng, Safrudin SPd MPd bertindak sebagai pembina upacara sekaligus membuka kegiatan secara resmi.

“Saya menyerukan kepada semua siswa  dan para pembina untuk menjadikan ajang ini sebagai bagian dari pembentukan Profil Pelajar Pancasila yang sebenar-benarnya. Silakan ikuti kegiatan ini dengan penuh semangat dan kegembiraan serta penuh  penguatan karakter mulia,” serunya.

Safrudin juga meminta agar SMAN 5 yang dikenal sekolah disiplin, tegas, dan berkarakter ini bisa menerapkan enam profil pelajar Pancasila yaitu  berakhlak mulia, berkebinekaan global, mandiri, bergotong royong, bernalar kritis, dan kreatif.

“Keenam elemen profil pelajar Pancasila ini merupakan satu kesatuan yang saling mendukung dan berkesinambungan. Itu semua harus diimplementasikan oleh semua siswa dan keluarga besar sekolah ini,” pintanyanya.

Lebih lanjut ia menegaskan sebagai contoh sederhana agar warga sekolah selalu peduli untuk menjaga kebersihan. Meskipun hal sepele seperti membuang bungkus permen yang kecil, siswa harus melakukannya dengan benar, yakni membuang sampah ke tempatnya.

Ia mencontohkan langsung dengan meminta tiga siswa kelas X untuk menerima permen dan langsung membukanya. Satu siswa terlihat menjatuhkan kulit permen di dekat kakinya. Setelah diingatkan, siswa itu pun mengambil dan mengantonginya.

Sementara itu kepala sekolah, Drs M Ramli MPd dalam bincang-bincang sesuai upacara menegaskan bahwa kemah pelajar Pancasila diikuti oleh seluruh siswa kelas X yang berjumlah 377 orang sedangkan kegiatan akan dilaksanakan selama dua hari, yakni Kamis dan Jumat, 27–28 Juli 2023.

“Sedangkan siswa kelas XII akan mengikuti kegiatan Aktualisasi Kepramukaan, seperti bergotong-royong sebagai wujud menerapkan Profil Pelajar Pancasila,” pungkasnya seraya mengucap  Salam Pramuka  (hms/hen)

Exit mobile version