Site icon KaltengPos

Mayoritas DPW Partai Nasdem Usulkan Anies dan Ganjar jadi Bakal Capres

JAKARTA-Nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendominasi dalam rapat kerja nasional (Rakernas) Partai Nasdem. Kedua nama itu dominan diusulkan menjadi bakal calon presiden (capres) oleh 34 Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasdem.

Setiap DPW Nasdem mengusulkan tiga hingga lima nama capres yang bakal diusung Nasdem. Nama Anies dan Ganjar hampir diusulkan oleh semua provinsi.

Selain Anies dan Ganjar, ada juga nama lain yang diusulkan DPW. Mereka di antaranya Menteri BUMN Erick Thohir, Panglima TNI Jenderal Andika Prakasa, Guberjur Jabar Ridwan Kamil, dan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. Selain itu, ada juga tokoh internal Nasdem yang diusulkan DPW yakni Rachmat Gobel, Lestari Moerdijat, Syahrul Yasin Limpo, Ahmad Sahroni, Ahmad Ali, dan Prananda Surya Paloh.

Ketua DPP Partai Nasdem Willy Aditya menyampaikan munculnya nama-nama tersebut dalam Rakernas merupakan usulan dari masing-masing DPW Nasdem. Nantinya, capres yang diusulkan Nasdem harus membangun harmonisasi sebelum secara resmi diusung pada Pilpres 2024.

“Proses pembangunan ke misteri antara kandidat dengan partai itu menjadi sebuah keharusan untuk kita masih punya cukup waktu untuk membangun chemistry itu,” kata Willy di JCC Senayan, Jakarta, Kamis (16/6).

Meski demikian, Willy tidak dapat memastikan bahwa nama yang dominan muncul bakal menjadi capres pilihan Nasdem. Hal itu karena seluruh keputusan ada di tangan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh.

“Tapi apakah itu akan menjadi keputusan Rakernas? Belum tentu, dan sejauh ini melihat langgam politik Nasdem yang cukup rasional, kok saya melihat bukan di sana fokus Partai Nasdem,” tandas Willy. (Jawapos.com)

Bakal Capres berdasarkan hasil usulan dari DPW Nasdem:

Anies Baswedan: 32
Ganjar Pranowo: 29
Erick Thohir: 16
Rachmat Gobel: 14
Andika Perkasa: 13
Syahrul Yasin Limpo: 7
Lestari Moerdijat: 6
Prananda Surya Paloh: 5
Ahmad Sahroni: 4
Ridwan Kamil: 4
Khofifah Indar Parawansa: 4
Dudung Abdurachman: 2
Mathius Awoitauw: 2
Ahmad Ali: 2
Viktor Laiskodat: 1
Siswono Yudo Husodo: 1
Herman Deru: 1
Surya Paloh: 1
Isran Noor: 1
Tuan Guru Bajang: 1
Sandiaga Uno: 1
Wahidin Halim: 1
Siti Nurbaya Bakar: 1
Sofyan Kalio: 1
Syarif Fasha: 1

Exit mobile version