Pemda Harus Bantu Petani Untuk Terus Berkembang

18

PALANGKA RAYA – Anggota Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Tengah, Ina Prayawati, berharap kepada pemerintah daerah (pemda) melalui instansi terkait supaya dapat membantu para petani untuk terus berkembang.

Perkembangan usaha para petani di bidang pertanian sangat diharapkan. Hal itu diharapkan akan dapat memberikan dampak positif bagi daerah, terutama dalam hal memenuhi stok kebutuhan pangan.

“Dukungan pemerintah sangat diperlukan, baik itu memberikan pelatihan maupun bimbingan. Kita melihat sekarang ini masyarakat petani bersemangat, dan semangat itu harus didukung,” kata Ina, Kamis (14/9).

Bantuan juga perlu diberikan, baik berupa bibit unggul, pupuk, alat pertanian (alsintan) modern, pembangunan irigasi dan lain sebagainya yang dibutuhkan para petani untuk mengembangkan lahan pertaniannya.

Baca Juga :  Deden Lolos Verifikasi Faktual Calon DPD

Diungkapkannya, bahwa tekait hal itu juga menjadi aspirasi masyarakat yang disampaikan kepada dewan ketika melaksanakan reses belum lama ini, khususnya di wilayah daerah pemilihan (dapil) Kalteng IV yang meliputi DAS Barito.

Masyarakat petani menginginkan adanya perhatian lebih dari pemerintah. Mengingat untuk mengembangkan usaha pertanian tidak akan mampu apabila dilakukan secara mandiri tanpa adanya bantuan dari pemerintah.

“Tanpa adanya bantuan, perkembangannya akan lambat dan sangat rentan gagal. Jika itu terjadi, maka akan merugikan daerah, stok pangan akan menipis. Jadi harapan kita, ini agar bisa diperhatikan,” ucapnya.

Dia menambahkan, dengan adanya dukungan pemerintah dan usaha pertanian, masyarakat berkembang pesat. Maka daerah ini juga tidak akan lagi bergantung dengan daerah lain dalam memenuhi kebutuhan pangan.

Baca Juga :  Generasi Muda Harus Tangguh

“Artinya kita akan mandiri. Selain program pemerintah, usaha masyarakat juga perlu mendapat perhatian dan didukung. Wujudkan aspirasi masyarakat dengan skala prioritas, dan dimasukan dalam program pembangunan selanjutnya,” imbuhnya. ( irj/ens)