Site icon KaltengPos

Zaini Blusukan ke Pasar Kereng Bangkirai, Sumbang Saran dengan Pedagang

PALANGKA RAYA– Pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Palangka Raya, Fairid Naparin dan Achmad Zaini, terus melanjutkan aktivitas silaturahmi dan penyerapan aspirasi dengan blusukan ke sejumlah pasar tradisional, Kamis (10/10/2024). Achmad Zaini, bersama tim kemenangan Fairid-Zaini, mengunjungi Pasar Kereng Bangkirai yang terletak di Jalan RTA Milono.

Dalam kunjungannya, Zaini menyempatkan diri untuk bersilaturahmi dan berdialog dengan para pedagang guna mendengarkan langsung aspirasi serta kendala yang dihadapi di lapangan.

“Pada hari ketiga ini, kami tetap fokus mengunjungi pasar-pasar di Palangka Raya, setelah sebelumnya mengunjungi Pasar Besar, Pasar Kahayan, dan Pasar Rajawali, kami memilih pasar tradisional di sepanjang Kereng ini untuk melihat secara langsung bagaimana aktivitas di sini,” ungkap Zaini saat diwawancarai di lokasi.

Menurut Zaini, keberadaan pasar tradisional memiliki peran strategis dalam menggerakkan ekonomi lokal. Dari pantauan langsung, Zaini mengaku senang melihat aktivitas perdagangan di Pasar Kereng Bangkirai berjalan dengan baik.

“Kami melihat para pedagang dan pembeli bertransaksi lancar, selain itu pasokan bahan baku juga tidak mengalami kendala, sehingga perekonomian lokal tetap berjalan dengan stabil,” ujarnya.

Meski demikian, Zaini juga mencatat adanya beberapa masalah yang perlu diperhatikan, terutama terkait penataan lokasi berjualan. Ia mendapati banyak pedagang yang berjualan di bahu jalan, hal itu dikarenakan belum ada tempat yang memadai untuk menampung mereka. Ini tentu menjadi tantangan bagi Fairid-Zaini ke depan.

“Kami ingin setiap pedagang bisa berjualan dengan nyaman dan tenang, tanpa rasa waswas,” tuturnya.

Menurut Zaini, salah satu syarat agar pedagang merasa nyaman adalah tersedianya lokasi yang memang diperuntukkan sebagai tempat berjualan. Ia mendengar ada beberapa pedagang yang pernah ditegur oleh petugas, yang dikarenakan lokasi jualannya dianggap tidak sesuai peruntukan. Ini menunjukkan bahwa tata kelola area jualan di kawasan Kereng Bangkirai masih butuh pembenahan.

Ke depan, pasangan Fairid-Zaini berkomitmen untuk mencari solusi terbaik bagi pedagang di Kereng Bangkirai. Salah satu opsi yang sedang dipertimbangkan adalah membangun kluster khusus untuk pedagang, atau menata ulang kawasan yang sudah ada agar lebih teratur.

“Kami memahami bahwa para pedagang menginginkan agar mereka tetap bisa berjualan di lokasi saat ini, mereka merasa nyaman karena transaksi berjalan lancar, bahan baku mudah didapat, dan pembeli senang karena lokasinya strategis di pinggir jalan, namun, kami juga harus mempertimbangkan aspek tata kelola kota,” jelas Zaini.

Selain mendengar aspirasi pedagang, Zaini menekankan pentingnya menjaga keseimbangan antara kenyamanan berjualan dan penataan kota. Blusukan yang dilakukan pasangan Fairid-Zaini ini menunjukkan komitmen mereka untuk mendukung ekonomi kerakyatan dan memastikan keberlanjutan aktivitas pasar tradisional.

“Kami ingin pasar-pasar di Palangka Raya terus hidup dan menjadi sentra ekonomi yang kuat, ini bagian dari visi kami untuk menciptakan kota yang inklusif dan sejahtera,”ujar Zaini menutup wawancara.

Dengan mendengar langsung aspirasi pedagang dan memahami permasalahan di lapangan, pasangan calon ini berharap dapat merumuskan kebijakan yang tepat untuk mendukung perekonomian rakyat. Mereka juga menegaskan bahwa setiap kebijakan yang diambil akan mempertimbangkan kenyamanan pedagang dan kepentingan masyarakat luas.(mut/ram)

Exit mobile version