Site icon KaltengPos

Program Pro Rakyat Jadikan Elektabilitas Agustiar-Edy Digdaya di Pilgub Kalteng

JAKARTA – Elektabilitas Pasangan Calon Gubernur (Cagub) dan Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Kalimantan Tengah (Kalteng) nomor urut 3 Agustiar Sabran-Edy Pratowo semakin digdaya. Ini dikarenakan keduanya punya program yang sangat pro terhadap kesejahteraan rakyat.

Salah satu program Agustiar-Edy yakni Kartu Huma Betang Sejahtera sangat mampu jawab berbagai kebutuhan rakyat. Program itu jadi faktor meningkatnya elektabilitas Agustiar-Edy.

Pengamat Politik Universitas Indonesia (UI) Ade Reza Hariyadi mengatakan, program populis seperti itu sangat mudah diterima oleh masyarakat. Sebab, publik jadi punya gambaran tentang apa yang dilakukan Agustiar-Edy ketika jadi gubernur dan wakil gubernur Kalteng periode 2025-2030.

“Program-program yang konkret seperti itu jauh lebih menarik karena orang langsung melihat dan memiliki gambaran tentang apa yang akan mereka dapatkan sebagai dampak jika orang tersebut memimpin,” ujar Ade, Selasa (22/10/2024).

Program Kartu Huma Betang Sejahtera secara konkret berikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Rp2 juta setiap Kepala Keluarga (KK). Tak hanya itu, sembako murah, pendidikan dan kesehatan gratis, lapangan pekerjaan, bantuan modal bagi petani serta nelayan, hingga DP rumah gratis untuk guru jadi bagian dari program tersebut.

Sebab itu, Ade menilai program Kartu Huma Betang Sejahtera sangat populis dan bersentuhan langsung dengan kebutuhan rakyat. Sehingga, tidak heran jika elektabilitas Agustiar-Edy semakin digdaya di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Kalteng 2024.

“Ketika ada Paslon yang menawarkan hal itu, maka akan berdampak positif terhadap elektoralnya,” ucapnya.

Elektabilitas Agustiar-Edy semakin tinggi dalam temuan survei terbaru Poltracking Indonesia periode 10-16 Oktober 2024. Pada survei tersebut, elektabilitas Agustiar-Edy berada di angka 43,5 persen.

Kemudian di posisi kedua, Pasangan Calon (Paslon) 02 Nadalsyah Koyem-Supian Hadi 25,7 persen. Di posisi ketiga, Paslon 01 Willy Midel Yoseph-Habib Ismail bin Yahya dengan 20,4 persen, diikuti oleh Abdul Razak-Sri Suwanto dengan 7,2 persen.

Temuan tersebut jadi bukti konkret besarnya kekuatan Agustiar-Edy di Pilgub Kalteng 2024. Potensi kemenangan keduanya semakin besar dan sangat sulit untuk dikalahkan. (tim)

Exit mobile version