Site icon KaltengPos

TNI itu Milik Rakyat

PALANGKA RAYA – Hari ini (5/10), Tentara Nasional Indonesia (TNI) merayakan ulang tahun ke-77. Bersamaan dengan momen hari jadinya itu, TNI mulai dari markas besar, kodam, korem dan jajaran akan melaksanakan upacara memperingati HUT ke-77 TNI tahun 2022.

Untuk wilayah Korem 102 Panju Panjung akan dilaksanakan upacara pada Rabu (5/10) pagi pukul 08.00 WIB di Lapangan Korem 102/Pjg. Pada malam harinya akan dilaksanakan syukuran dan panggung hiburan yang dimulai sekitar pukul 19.00 WIB.

Upacara hari ini merupakan puncak perayaan HUT ke-77 TNI. Sebelumnya sudah ada rangkaian kegiatan yang dilaksanakan Korem 102/Pjg dan jajaran. Di antaranya, Open Tournament Voli Danrem Cup, kejuaraan catur yang didukung Dewan Pembina Catur Kalteng H Agustiar Sabran, menembak, audisi musik jalanan, coffee fun, kontes motor, Fun dan Profesional Run 5K, serta kegiatan sosial seperti donor darah, bakti sosial, dan penanaman satu juta pohon.

Selain di Makorem 102/Pjg, kegiatan juga dilaksanakan di tingkat kodim dan koramil. Seperti lomba busana batik, lomba becak hias, pertandingan futsal dan sepak bola, ziarah ke taman makam pahlawan, serta kegiatan sosial lainnya.

Komandan Korem (Danrem) 102 Panju Panjung Brigjen TNI Yudianto Putrajaya SE MM yang dihubungi kemarin mengatakan bahwa TNI itu milik rakyat. Karena selama ini TNI sudah menyatu dengan rakyat.

“Menyadari kondisi itu, yang sering saya gaungkan selama ini yaitu dengan satu frekuensi, kita sama-sama, bahu-membahu membela Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan ujung-ujungnya untuk kepentingan rakyat,” kata perwira tinggi TNI dengan satu bintang di pundaknya yang akrab disapa Putra itu.

Menurut danrem, selama ini sudah ada kerja sama yang baik antara TNI, khususnya Korem 102/Pjg beserta jajaran dengan forkopimda. Termasuk komunikasi dan kerja sama yang baik dengan gubernur dan berbagai pihak dalam memperhatikan serta membantu kesulitan rakyat. “Kita harus hadir untuk menjadi solusi dalam mengatasi kesulitan rakyat,” tegasnya.

Hal ini, menurut danrem, sesuai perintah Pangdam XII/Tpr Mayjen TNI Sulaiman Agusto dan arahan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman. “TNI selalu di hati rakyat, jangan menyakiti rakyat, temui rakyat, hiduplah bersama mereka, karena rakyat adalah ibu kandung TNI,” tegasnya.

“Saya sangat berterima kasih kepada pemerintah daerah, dalam hal ini kepada bapak gubernur yang selama ini bisa seirama, bisa satu frekuensi melaksanakan kegiatan-kegiatan teritorial. Di antaranya program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) dan melaksanakan penyiapan TMMD ke-115 tahun 2022 di Sampit dan Palangka Raya,” ucapnya.

“Kegiatan lainnya juga ada, namanya Kampung Pancasila Berkah, kemudian warung berkah untuk melakukan kegiatan transformasi digital kerja sama dengan Bank Rakyat Indonesia, ada pula kegiatan penanaman 100 hektare tanaman jagung perintah bapak Panglima Kodam XII Tanjungpura (Mayjen TNI Sulaiman Agusto) sekaligus amanat dari bapak Kasad (Jenderal TNI Dudung Abdurachman), pembinaan generasi muda sudah dilaksanakan di kabupaten dan kota, kegiatan BETA yaitu bela eksistensi tanah air, ini merupakan saudara-saudara kita dari mantan preman, kita berkoordinasi dengan Kanwilkumham di sini dan kegiatan lainnya yang mendukung program pemerintah daerah,” ungkapnya. (ens/ce/ala)

Exit mobile version