Site icon KaltengPos

Terdakwa Kasus Illegal Logging Bebas, Jaksa Ajukan Kasasi

PALANGKA RAYA-Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kalteng memutuskan untuk mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung (MA), menyusul putusan bebas yang dikeluarkan Pengadilan Negeri (PN) Palangka Raya terhadap terdakwa kasus pidana perusakan hutan (illegal logging) H Syahrudin alias H Utuh. Hal itu dibe­berkan ketua tim jaksa penuntut umum (JPU), Dwinanto Wibowo SH MH.

“Kami (JPU, red) akan mengajukan kasasi. Memori kasasi sedang disu­sun,” ucap Dwinanto kepada media, Jumat (8/4).

Ia menerangkan bahwa pihaknya merasa keberatan atas putusan bebas yang dikeluarkan majelis hakim yang mengadili perkara pidana dengan nomor 38 /Pid.B/LH/2022/PN Plk tersebut. Adapun alasan JPU mengajukan kasasi, tutur Dwinanto, karena dalam perkara pidana ini telah ada putusan lain terhadap terdakwa Asmuri yang juga terlibat dalam perkara yang sama.

“Dalam perkara pidana ini telah diputus perkara splitsing atas nama Asmuri dan telah berkekuatan hukum tetap, dinyatakan bersalah oleh PN Palangka Raya,” ujar Dwinanto.

Dalam putusan tersebut, majelis hakim menyatakan terdakwa Asmuri secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana perusakan hutan bersama terdakwa Syahrudin alias H Utuh. Berdasarkan data yang diperoleh dari Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) PN Palangka Raya, perkara Asmuri telah diambil keputusan oleh majelis hakim PN Palangka Raya pada 31 Januari 2022.

Dalam putusan tersebut, Asmuri yang didakwa terlibat penebangan liar pada area Hutan Produksi Terbatas di Desa Madara, Kecamatan Dusun Selatan, Kabupaten Barito Selatan divonis bersalah dan dijatuhi hukuman penjara selama 2 tahun dan denda Rp500 juta, subsider 3 bu-lan kurungan.

“Namun putusan ini tidak dipertimbangkan oleh majelis hakim PN Palangka Raya yang mengadili perkara Syahrudin alias H Utuh,” ujar Dwinanto.

Adanya perbedaan putusan majelis hakim, mendorong pihak Kejati Kalteng mengajukan kasasi. Diketahui bahwa Syahrudin alias H Utuh didakwa terlibat kasus penebangan liar pada area Hutan Produksi Terbatas yang terletak di Desa Madara, Kecamatan Dusun Selatan, Barsel. Dalam dakwaan perkara pidananya, Syahrudin disebut memiliki 2 unit galangan pengolahan kayu (samwill) dan bandsaw dalam kawasan hutan tersebut.

Syahrudin pun mengaku sebagai pemilik kawasan hutan tersebut.Dari salah satu galangan kayu itu, diketahui jika Syahrudin mengolah kayu hasil penebangan pohon yang berada dalam kawasan hutan lindung. Pihak JPU mengajukan tuntutan terhadap Syahrudin karena dinilai melakukan tindak pidana turut serta melakukan perbuatan dengan sengaja melakukan penebangan pohon dalam kawasan hutan tanpa memiliki perizinan berusaha, sebagaimana diatur dalam Pasal 82 ayat (1) huruf b Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan, yang telah diubah dengan Pasal 37 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja, juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP).

Terdakwa Syahrudin  dituntut hukuman pidana penjara selama empat ta-hun dan harus membayar denda Rp1 miliar, subsider kurungan selama 6 bulan. Akan tetapi, pada sidang yang digelar Kamis (31/3), majelis hakim PN Palangka Raya yang mengadili perkara ini justru memu-tuskan terdakwa Syahrudin alias H Utuh tidak terbukti bersalah dan membebas-kan terdakwa dari segala tuntutan. (sja/ce/ala)

Exit mobile version