Site icon KaltengPos

Kerja Keras Sukseskan Event Kelas Dunia

H Sugianto Sabran

PALANGKA RAYA-Persiapan pelaksanaan kejuaraan dunia sepeda gunung Union Cycliste Internationale (UCI) Mountain Bike (MTB) Eliminator World Cup 2022 seri ke-8 terus dilakukan. Beberapa aspek yang menjadi perhatian panitia, seperti pembenahan infrastruktur, lokasi lomba, transportasi dan jalur penerbangan, akomodasi, konsumsi, tim panitia, keamanan, kesehatan, penerjemah, anggaran kegiatan, dan lainnya. Untuk memastikan kematangan persiapan, panitia bekerja sama dengan pemerintah, unsur forkompimda, dan masyarakat.

Selama perhelatan UCI MTB Eliminator World Cup 2022 yang dilaksanakan di 11 negara, Indonesia merupakan satu-satunya negara di kawasan Asia Tenggara yang dipercayakan menjadi penyelenggara salah satu seri. Kalimantan Tengah menjadi lokasi yang ditunjuk untuk pelaksanaan kejuaraan dunia sepeda gunung internasional seri ke-8.

Pada Mei lalu, Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran telah menerima kunjungan CEO City Mountain Bike (CMB) asal Belgia Kristof Broyneel dan rombongan Pengurus Besar ISSI. Kejuaraan ini akan diikuti para top rider (pembalap sepeda teratas) dari 33 negara dan disiarkan langsung di 132 negara di berbagai belahan dunia.

Oleh karena itu, gubernur mengharapkan agar event ini benar-benar dipersiapkan secara matang sampai pada hari pelaksanaan, memastikan kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar dan sukses. Selain itu, event internasional yang dilaksanakan di Bumi Tambun Bungai ini diyakini menjadi peluang untuk memompa kemajuan berbagai sektor.

“Kita dapat memanfaatkan kegiatan ini untuk mempromosikan pariwisata, kuliner, penerbangan, maupun infrastruktur yang tentunya terus dilakukan pembenahan. Event UCI MTB Eliminator World Cup 2022 seri-8 ini harus benar-benar digaungkan,” tegas gubernur.

Orang nomor satu di Kalteng ini berharap agar event olahraga sepeda kelas dunia yang pertama kali dilaksanakan di Indonesia ini khususnya Kalteng dapat berjalan sukses. Untuk itu diperlukan sinergi dan kerja sama semua pihak. Sehingga kesulitan dan rintangan yang dihadapi dapat dilalui berkat adanya sinergi dan kolaborasi antarpihak, sekaligus mewujudkan Kalteng yang makin bermartabat, elok, religius, kuat, amanah, dan harmonis (BERKAH).

Terpisah, Ketua Organizing Committee (OC) UCI MTB Eliminator Word Cup 2022 H Agustiar Sabran SKom mengatakan, kesuksesan menggelar event olahraga internasional ini dapat membuktikan kepada masyarakat Indonesia bahkan dunia, bahwa Kalteng tak dapat dipandang sebelah mata.

“Jika di Mandalika bisa menggelar Moto GP, di Jakarta bisa menggelar Formula E, maka di Kalimantan Tengah dapat menggelar event dunia sekelas Union Cycliste Internationale (UCI) Mountain Bike (MTB) Eliminator World Cup 2022. Ini harus menjadi tugas dan pekerjaan bersama untuk dituntaskan,” tegas pria yang juga menjabat Ketua Umum Dewan Adat Dayak (DAD) Provinsi Kalteng itu kepada Kalteng Pos, Senin (8/8).

Politikus PDIP itu juga mengingatkan pentingnya sinergisitas dan kolaborasi seluruh stakeholders terkait dalam semangat gotong royong dan falsafah huma betang, untuk menyukseskan event ini, meski waktu persiapan cukup singkat.

“Kami sangat yakin dan optimistis bahwa tidak ada yang tidak mungkin, kebersamaan adalah kuncinya, bersama-sama menyukseskan dan mengharumkan nama bangsa kita ini, tentunya dengan mengundang semua pihak yang terkait,” tegasnya.

Agustiar juga mengapresiasi Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran yang juga merupakan Ketua Umum ISSI Kalteng, yang selama ini terus memberikan perhatian serius untuk proses persiapan. Walau di tengah kesibukannya sebagai kepala daerah, gubernur selalu menyempatkan diri untuk ikut memantau progres persiapan di lapangan.

Kegiatan besar ini tentu menjadi momentum yang tepat untuk mempromosikan dan menampilkan berbagai kearifan lokal Kalteng. Sehingga Bumi Tambun Bungai kian dikenal di mata dunia dan akan menjadi destinasi alternatif kunjungan wisata.

“Kami selaku panitia juga mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit yang telah menunjuk Kalteng sebagai tuan rumah. Selain akan meramaikan kunjungan tamu ke Kalteng, dengan adanya event ini juga bakal menggairahkan sektor perekonomian dan pariwisata. Terima kasih juga kepada Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran untuk dukungan penuh yang diberikan,” pungkasnya. (nue/ce/ala/ko)

Exit mobile version