Site icon KaltengPos

Pertajam Eksistensi, Kinerja Bank Kalteng Kian Cemerlang

grafis kalteng pos

PALANGKA RAYA-Banyak hal yang dapat menjadi representasi peningkatan kinerja sebuah lembaga perbankan. Seperti pertumbuhan aset keuangan, perkembangan produk, penyaluran bantuan yang tepat, serta berbagai prestasi yang diraih. Meski dalam kondisi pandemi Covid-19, tahun 2021 lalu PT Bank Kalteng mampu mempertahankan bahkan meningkatkan kinerja positif. Hal itu terlihat dari meningkatnya aset sebesar 14 persen dibandingkan tahun sebelumnya, dana pihak ketiga tumbuh sebesar 16,37 persen, dan kredit yang diberikan pun berkembang sebesar 11,48 persen.

Demikian pula dengan kinerja Bank Kalteng yang dalam kurun waktu empat tahun terakhir (sejak 2018) terus menunjukkan pertumbuhan positif. Hal tersebut tampak dari laba bersih yang terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, hingga pada 2021 mencapai Rp240,48 miliar.

Begitu pun dengan indikator keuangan lainnya, seperti aset yang tumbuh sebesar 47 persen atau mencapai Rp11,5 triliun, dana pihak ketiga tumbuh 50,36 persen atau mencapai Rp9,2 triliun, dan kredit yang diberikan tumbuh 45,38 persen atau mencapai Rp7,5 triliun.

Berkat kinerja positif tersebut, penghargaan demi penghargaan diraih Bank Kalteng. Berbagai prestasi yang didapatkan sejak 2019 hingga 2021, menunjukkan eksistensi Bank Kalteng sebagai bank kebanggaan milik daerah (lihat tabel).

Menanggapi perubahan cara bertransaksi masyarakat, pada 2021 Bank Kalteng secara resmi menyediakan aplikasi transaksi berbasis digital yang mengusung nama rumah adat Kalimantan Tengah. Aplikasi mobile banking itu diberi nama Betang Mobile. Hal ini menunjukkan komitmen Bank Kalteng untuk turut serta melestarikan budaya Dayak seiring berkembangnya produk bank.

Di samping itu, PT Bank Kalteng juga menyediakan produk Kredit UMKM Berkah untuk merangkul para pelaku UMKM yang memiliki potensi mengembangkan usaha, tapi kesulitan mendapatkan akses keuangan. Dengan bunga 5,5 persen (lebih kecil dibanding KUR), produk ini merupakan bentuk dukungan atas program Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terkait kredit melawan rentenir, sekaligus kontribusi terhadap program pemerintah dalam upaya pemulihan ekonomi nasional.

Dengan bunga pinjaman yang terbilang rendah, kredit UMKM Berkah ini dimaksudkan untuk membantu para milenial menjadi petani dan peternak tangguh. Produk kredit UMKM Berkah telah resmi dirilis pada Oktober 2020, bersamaan dengan pencanangan 1 Student 1 Account untuk 20.000 pelajar.

Masih pada pengembangan produk kredit, PT Bank Kalteng juga mendukung program Shrimp Estate yang dikembangkan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah di Kabupaten Sukamara. Dalam hal ini, site plan telah dibantu oleh PT Bank Kalteng. PT Bank Kalteng siap berkolaborasi dengan pemerintah, memberi penyaluran kredit untuk pengembangan Shrimp Estate, dengan harapan ke depannya Kalimantan Tengah dapat menjadi penyuplai udang untuk kebutuhan dalam negeri.

Tak hanya menyediakan produk kredit yang merangkul masyarakat, pada 2021 lalu PT Bank Kalteng juga mendukung pemerintah daerah melalui pemberian bantuan CSR untuk Kota Palangka Raya, berupa alat perekam transaksi usaha, iTax.

Bantuan CSR tersebut sebagai bentuk dukungan Bank Kalteng terhadap program pemerintah daerah, dalam rangka optimalisasi penerimaan pajak dan pendapatan daerah menggunakan sistem rekam data wajib pungut pajak restoran, hotel, dan tempat hiburan secara real time sesuai rekomendasi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI, guna meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

Kinerja moncer yang diraih PT Bank Kalteng sejak 2018, perluasan jaringan kantor yang kini mencapai 297 kantor cabang dan tersebar hingga ke pelosok daerah Kalimantan Tengah, juga berbagai inovasi produk serta pengembangan digital yang terus dilakukan, diyakini akan makin memperkuat kinerja PT Bank Kalteng dan memperlihatkan eksistensi bank daerah ini di mata masyarakat Kalimantan Tengah.

“Kinerja Bank Kalteng yang positif hingga saat ini merupakan hasil kerja tim dan bukti kepercayaan dari seluruh stakeholders. Kita harus selalu berkolaborasi untuk maju bersama menghadapi tiap tantangan demi memajukan dae rah ini,” ucap Direktur Utama PT Bank Kalteng Yayah Diasmono Rachmadi. (abw/ce/ala/KO)

Exit mobile version