Site icon KaltengPos

Pemprov Kalteng Terima Anugerah Parahita Ekapraya 2020

DISKOMINFOSANTIK UNTUK KALTENG POS TERIMA ANUGERAH: Wakil Gubernur Kalteng H Edy Pratowo menghadiri Anugerah Parahita Ekapraya 2020 secara virtual dari Ruang Rapat Wagub Kalteng, Rabu (13/10).

PALANGKA RAYA-Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng menerima Anugerah Parahita Ekapraya dari pemerintah pusat, Rabu (13/10). Anugerah ini merupakan penghargaan yang diberikan kepada kementerian dan lembaga serta pemerintah daerah yang mengutamakan perlindungan, kondisi dan kesejahteraan masyarakat untuk mencapai kesetaraan gender di Indonesia.

Acara penganugerahan ini dirangkai dengan acara di tingkat Asia Tenggara yaitu Asean Ministerial Meeting on Women yang keempat. Anugerah Parahita Ekapraya Tahun 2020 ini terbagi dalam empat kategori yaitu kategori pratama, kategori madya, kategori utama dan kategori yang tertinggi adalah mentor.

Pemberian penghargaan tersebut berdasarkan surat Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI Nomor 72/Men/D.KG/KG.05/9/2021 Tanggal 21 September 2021. Kementeriaan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI telah menyelesaikan evaluasi pelaksanaan strategi pengarusutamaan gender di kementerian/lembaga dan pemda provinsi dan kabupaten/kota.

Pada penganugerahan ini, Pemprov Kalteng menerima penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya kategori madya bagi Provinsi. Sementara itu, ada beberapa kabupaten di Kalteng yang juga mendapat anugerah ini seperti Kabupaten Katingan, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kabupaten Lamandau, Kabupaten Murung Raya dan Kota Palangka Raya. menerima Anugerah Parahita Ekapraya kategori Pratama bagi pemda kabupaten/kota.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI Bintang Puspayoga mengatakan, Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2007 tentang Rancangan Pembangunan Jangka Panjang Nasional Tahun 2005-2025 menyatakan bahwa pada Tahun 2022 akan terwujud kesetaraan gender diberbagai bidang pembangunan.

“Anugerah Parahita Ekapraya 2020 berkaitan dengan agenda nasional dalam rencana pembangunan jangka menengah nasional (RPJMN) 2020-2024, yaitu meningkatkan sumber daya manusia berkualitas dan berdaya saing, di mana salah satu sasarannya adalah meningkatnya kualitas anak, perempuan, dan pemuda,” kata Bintang Puspayoga.

Dalam RPJMN 2020-2024, kata dia, Presiden menetapkan target IPG Indonesia mencapai 91,39 persen pada 2024 mendatang, karena jika dilihat pada 2018 masih berada pada angka 90,99 persen.

Pemprov Kalteng telah ketiga kalinya meraih Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya dengan kategori Pratama pada tahun 2015 lalu,  pada tahun 2018 mendapatkan Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya dengan kategori Madya dan pada tahun 2020 kembali meraih Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya dengan kategori Madya. (abw/uni)

Exit mobile version