Site icon KaltengPos

Capaian Vaksinasi Lansia Masih Rendah

SUYUTI SYAMSUL

PALANGKA RAYA-Vaksinasi tahap dua yang diperuntukkan bagi pelayan publik dan lansia masih terus berlangsung hingga Juni mendatang. Namun sejauh ini capaian vaksinasi bagi para lansia dinilai masih rendah.

Kepala Dinas Kesehatan Kalteng Suyuti Syamsul mengatakan, beberapa upaya untuk mempercepat vaksinasi terhadap para lansia sudah dilakukan. Dari jumlah logistik yang ada di daerah, 60 persennya diperuntukkan bagi lansia. Selain itu pelayanan vaksinasi bagi lansia di Kota Palangka Raya yang sebelumnya hanya dilayani di rumah sakit (RS), saat ini sudah dilayani di puskesmas-puskesmas.

“Capaian vaksinasi untuk lansia memang masih lamban, dosis pertama saja masih enam persen dan dosis kedua hanya dua persen saja,” katanya saat diwawancarai di Aula Jayang Tingang, Kantor Gubernur Kalteng, Rabu (19/5).

Diungkapkannya, untuk mendorong pencapaian vaksinasi ini, pihaknya sedang mempelajari permasalahan-permasalahan di lapangan. Ada beberapa kendala yang dihadapi di lapangan. Salah satunya adalah kesadaran para lansia untuk menerima vaksin.

“Ada beberapa lansia yang beranggapan karena sudah usia lanjut maka tidak perlu lagi diberikan vaksin, perlu digencarkan lagi sosialisasi soal ini,” ungkapnya.

Selain itu, kendala lain yang ditemukan yakni soal anggaran, seperti biaya transportasi bagi petugas medis untuk melakukan upaya jemput bola. Apabila vaksinasi hanya dilaksanakan di puskesmas, tentu lansia yang dilayani pun terbatas.

“Kendala di lapangan yakni ketersediaan anggaran, yang penting itu biaya transportasi dulu, sedangkan untuk uang saku bisa belakangan, dengan begitu vaksinator bisa bergerak dari satu tempat satu ke tempat lainnya,” ucapnya.

Beberapa daerah sudah melakukan upaya alternatif untuk mempercepat vaksinasi bagi lansia. Salah satunya yakni bekerja sama dengan pihak desa. Desa yang memiliki ambulans bisa membantu proses mengantar jemput para vaksinator, sehingga capaian vaksinasi di wilayah desa itu cukup tinggi.

“Alternatif kedua yakni bekerja sama dengan organisasi pensiunan,” beber Suyuti.

Selain itu, juga bisa memanfaatkan waktu pada awal bulan ketika para lansia menerima gaji pensiunan. Kesempatan itu bisa dimanfaatkan untuk melaksanakan program vaksinasi.

“Harapan kami vaksinasi untuk lansia ini bisa dipercepat, bahkan kami juga memberlakukan vaksinasi gratis bagi warga berusia 18 hingga 59 tahun yang bisa mengantar dua orang lansia untuk ikut vaksinasi,” kata Suyuti. (nue/abw/ce/ala)

Exit mobile version