Site icon KaltengPos

Kalteng Raih Enam Juara Ajang Utsawa Dharma Gita Tingkat Nasional

AUDIENSI: Ketua LPDG Kalteng, Sisto Hartati menyerahkan cendera mata kepada Wagub Kalteng Edy Pratowo, Selasa (23/7/2024).

PALANGKA RAYA–Kontingen Kalteng berhasil membawa pulang enam gelar juara dari ajang Utsawa Dharma Gita (UDG) ke-15 Nasional yang digelar di Solo, Jawa Tengah, 8-12 Juli 2024. Ketua Lembaga Pengembangan Dharma Gita (LPDG) Kalteng Sisto Hartati mengungkit perihal prestasi gemilang tersebut saat audiensi dengan Wagub Kalteng Edy Pratowo di Kantor Gubernur Kalteng, Selasa (23/7/2024).

“Kontingen Hindu Kalteng meraih prestasi membanggakan dengan menyabet enam trofi dari berbagai kategori lomba UDG ke-15 tingkat nasional di Kota Surakarta,” ujarnya.

Enam trofi yang diraih yakni juara 2 Nyanyian Lagu Keagamaan Hindu, juara 2 Kekawin Dewasa Putri, juara harapan 1 Menghafal Sloka kategori anak-anak putri, juara harapan 1 Dharmawiwada (Debat Keagamaan Hindu), juara harapan 2 Menghafal Sloka kategori anak-anak putra, dan juara harapan 3 Membaca Sloka kategori remaja putri.

Sisto mengungkapkan, kontingen Kalteng yang diutus kali ini berjumlah 51 peserta plus 8 ofisial, sehingga totalnya 59 orang. Mereka berpartisipasi dalam 23 kategori dari 8 cabang lomba.

Menurut Sisto, keberhasilan ini tidak hanya menjadi kebanggaan bagi para peraih juara, tetapi juga menjadi motivasi untuk terus mengembangkan potensi keagamaan dan budaya Hindu di wilayah Kalteng.

“Tentu ini membawa nama baik Kalimantan Tengah di kancah nasional,” tambahnya.

Ia menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah atas dukungan kepada kontingen Hindu Kalteng pada UDG ke-15 tingkat nasional tahun ini.

“LPDG berharap ke depan pemerintah daerah terus memberikan dukungan, sehingga umat Hindu di Kalimantan Tengah bisa tampil di panggung nasional,” harapnya.

Wakil Gubernur Kalteng H Edy Pratowo pun turut menyampaikan apresiasi atas capaian kontingen Hindu Kalteng yang telah mengharumkan nama daerah.

“Selamat dan sukses kepada kontingen dan LPDG yang telah bekerja keras mengharumkan nama Kalimantan Tengah di event nasional,” ujarnya.

Edy menegaskan bahwa Pemerintah Provinsi Kalteng akan terus mendukung semua umat beragama di wilayah ini.

Wagub juga meminta LPDG Kalteng terus aktif melaksanakan program kerja, terutama pembinaan umat untuk kegiatan-kegiatan keagamaan pada pelbagai event di tingkat regional, nasional, maupun internasional.

Terpisah, Kepala Bidang Bimas Hindu I Made Adnyana atas nama Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Tengah mengapresiasi prestasi tersebut. Ia berharap capaian itu dapat menjadi motivasi dan inspirasi untuk meraih keberhasilan pada event lainnya.

Selain UDG, umat Hindu juga memiliki dua gelaran lain, yaitu Jambore Pasraman dan Festival Seni Keagamaan Hindu. Khusus untuk umat Hindu Kaharingan di Provinsi Kalteng, ada kegiatan yang dinamakan Festival Tandak Intan Kaharingan (FTIK).

Made juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Pemerintah Provinsi Kalteng atas dukungan selama ini. “Support pemerintah daerah sangat penting bagi umat Hindu Kalteng agar bisa berprestasi di kancah nasional mewakili daerah ini,” tutupnya. (hms/ce/sma/b40)

Exit mobile version