Site icon KaltengPos

Penguatan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM, Inspektur Jenderal : Jajaran Kanwil Kalteng Luar Biasa

Jajaran Kanwil Kemenkumham Kalteng saat kegiatan Safari Virtual ke-20 secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, pada Senin (26/07/2021)

PALANGKA RAYA – Dalam rangka penguatan mitra kerja strategis untuk mengawal, menjamin dan memastikan terwujudnya Keagungan Kemenkumham, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalteng melaksanakan Penguatan dan Pengawasan Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) dalam Safari Virtual ke-20 Inspektur Jenderal Kemenkumham (Ir. Razilu) didampingi Inspektur Wilayah II (Icon Siregar) bersama seluruh satuan kerja pada Kanwil Kemenkumham Kalteng.

Pelaksanaan kegiatan yang dilaksanakan secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, pada Senin (26/07/2021), dilaksanakan di Aula Kahayan Kanwil Kemenkumham Kalteng. Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Kantor Wilayah, Ilham Djaya didampingi Pimpinan Tinggi Pratama dan Pejabat Administrator Kantor Wilayah. Serta turut hadir Kadiv Administrasi Ikmal Idrus, Kepala UPT Pemasyarakatan dan Imigrasi se-Kalteng beserta seluruh jajaran secara virtual.

Diawali dengan penyampaian oleh Kakanwil terkait dengan capaian kinerja pada kantor wilayah beserta jajarannya, realisasi anggaran pada jajaran kantor wilayah, langkah-langkah kantor wilayah beserta jajaran dalam mencegah dan menanggulangi covid-19.

Disampaikan juga inovasi Kanwil Kemenkumham Kalteng, yang pertama adalah kumham goes to public yaitu media atau kanal informasi dalam membangun komunikasi antara kanwil kepada public (pemerintah, akademisi dan masyarakat). Kedua, inovasi pojok Kekayaan Intelektual yaitu lembaga atau ruang untuk meningkatkan kesadaran publik terhadap perlindungan Kekayaan Intelektual di sekolah menengah pertama.

“Juga sebagai bentuk pencegahan Covid-19 di tingkat Provinsi Kalteng, saya selaku kakanwil juga dilibatkan oleh Gubernur Kalteng dalam Satgas Covid-19 di bidang komunikasi public,” tambah Ilham Djaya.

Kemudian masuk kedalam inti sari kegiatan, yaitu Penguatan Mitra Kerja Strategis (PMKS) dari Inspektur Jenderal, Ir. Razilu. “Yang pertama saya sampaikan adalah semoga Pak Kakanwil dapat memberikan kinerja yang terbaik agar timbulnya keikhlasan dalam bekerja dan membuat kementerian hukum dan ham lebih maju, khususnya di Kanwil Kemenkumham Kalteng,” ucap Ir. Razilu.

Dalam paparan Inspektur Jenderal, terdapat beberapa poin yang disampaikan. Pertama adalah langkah dalam mewujudkan Keagungan Kemenkumham, kedua adalah Komitmen dan Program Itjen dalam mewujudkan Keagungan Kemenkumham, ketiga Kanwik Kalteng dalam Kacamata BPK dan Itjen, keempat Sekilas tentang Sakip, RB dan penguatan pembangunan zona integritas dan yang kelima mewujudkan ASN unggul untuk modal utama mencapai Keagungan Kemenkumham.

“Saya harapkan jajaran Kanwil Kalteng memerhatikan dan menghasilkan inovasi yang baru dan masyarakat yang menerimanya juga merasakan kepuasan atas inovasi tersebut. Serta jajaran Kemenkumham harus melakukan 2 buah revolusi dalam bekerja agar mendapatkan kinerja yang bermartabat, yaitu revolusi digital (semua layanan manual ditingkatkan ke layanan berbasis digital dan layanan yang sudah berbasis digital dapat terus diperbarui ke tingkat selanjutnya). Kemudian revolusi mindset , yaitu meubah pola pikir ASN yang berawal dari dilayani menjadi melayani masyarakat,” ungkap Irjen.

“Dalam hal pembangunan Zona Integritas, saya sudah melihat hasil satker yang lolos ke tahap selanjutnya dengan nilai yang sungguh baik. Dengan ini saya sampaikan bahwa jajaran Kanwil Kalteng memang luar biasa,” apresiasi Irjen.

Diakhir kegiatan, dilaksanakan pengucapan pernyataan komitmen oleh seluruh peserta dengan dipimpin oleh Inspektur Jenderal dengan meletakan tangan kanan di dada sebelah kiri sebagai bentuk ASN Kemenkumham yang lebih baik dan tidak menjadi virus bagi organisasi. (hms/bud)

Exit mobile version