Site icon KaltengPos

Para Tokoh Yakin Sugianto-Edy Bakal Bawa Kalteng Makin Berkah

Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran dan Wakil Gubernur H Edy Pratowo. (MMC KALTENG)

PALANGKA RAYA-Setelah dilantik dan kembali ke Kalteng, Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran dan Wakil Gubernur H Edy Pratowo bersilaturahmi dengan usur forkompimda dan seluruh bupati/wali kota se-Kalteng di Aula Jayang Tingang (AJT), Rabu (26/5). Di acara ini, keduanya banjir ucapan selamat dari para tokoh Bumi Tambun Bungai. Selain itu, para tokoh juga meyakini pasangan ini mampu membawa Kalteng Makin Berkah.

Ketua tim pemenangan yang juga menjabat Ketua DPD PDIP Kalteng Arton S Dohong menyampaikan ucapan selamat kepada Sugianto-Edy. Ia juga menyampaikan seluruh partai pendukung menyatakan kesiapan menyukseskan program pemprov melalui DPRD Kalteng.

“Yang terpenting selama pemerintahan ke depan, pembagian kue pembangunan harus merata dan berkeadilan,” ucap Arton S Dohong.

Keberhasilan mengantarkan Sugianto-Edy sampai resmi dilantik, kata Arton, merupakan kebahagian bagi tim sukses maupun masyarakat Kalteng pada umumnya.

“Saya juga mengucapkan terima kasih kepada tim kampanye yang telah bergerak dan berjuang tanpa pamrih mengeluarkan tenaga, pikiran, sampai uang pribadi. Mohon maaf apabila ada perkataan yang kurang berkenan. Semoga Tuhan Yang Maha Esa membalas pengabdian semuanya,” ucap mantan Bupati Gunung Mas ini.

Sementara, Anggota DPR RI Dapil Kalteng H Agustiar Sabran meyakini bahwa Sugianto-Edy akan mampu membawa Kalteng menjadi lebih baik melalui pembangunan menuju Kalteng yang lebih BERKAH.

Selama periode pertama kepemimpinan Sugianto, pendapatan daerah mengalami peningkatan yang signifikan. Hal itu merupakan sebuah prestasi. Pada periode kedua ini, Agustiar meyakini bahwa Sugianto mampu melanjutkan program-program kerja yang belum dituntaskan.

“Pada masa pandemi seperti saat ini, semua pihak harus bisa bergandengan tangan untuk bersama pemerintah melakukan penanganan supaya ekonomi bisa segera pulih kembali,” tegasnya.

Kaum milenial juga diajak untuk ikut berpartisipasi dalam pembangunan sesuai potensi dan kapasitas masing-masing. Kaum muda tak boleh bersikap apatis. Sudah seharusnya terlibat aktif dalam membangun daerah.

Ketua PWNU Kalteng Wahyudie F Dirun mengatakan, tolok ukur keberhasilan Sugianto dalam memimpin pada periode pertama terlihat dari kemajuan infrastruktur dalam rangka membuka akses keterisolasian wilayah dan akses perekonomian masyarakat. Bisa dikatakan bahwa kemampuan Sugianto Sabran dalam memimpin daerah ini bukanlah isapan jempol belaka, meskipun pada awalnya sempat diragukan.

“Ketika beliau dipercaya untuk memimpin kedua kalinya, maka kita patut mengapresiasi dan memberi semangat, karena diyakini dalam melanjutkan kepemimpinannya empat tahun ke depan, beliau mampu berbuat lebih banyak lagi untuk Kalteng yang makin BERKAH,” kata Wahyudie.

“Saya ucapkan selamat atas pelantikan Gubernur Sugianto Sabran dan Wakil Gubernur Edy Pratowo, insyaallah Kalteng akan makin BERKAH,” tambahnya.

Ketua Muhammadiyah Kalteng Ahmad Syar’i menambahkan, harapan masyarakat berkenaan dengan hal-hal yang belum terealisasi selama periode pertama, seyogianya menjadi prioritas Gubernur Sugianto pada awal periode kedua kepemimpinannya. Tentunya harus melihat prioritas kebutuhan masyarakat. Pada periode pertama kepemimpinan Sugianto, pembangunan sektor infrastruktur terbilang sukses. “Untuk periode kedua ini diharapkan lebih fokus pada sektor ekonomi dan pertanian,” tegasnya.

Terpisah, Ketua Persatuan Gereja Indonesia (PGI) Kalteng Pendeta Mediorapano berharap agar masyarakat Kalteng bersama-sama mewujudkan Provinsi Kalteng sebagai Bumi Pancasila, di mana toleransi hidup beragama dijunjung tinggi.

“Dengan modal itu kita bisa membangun Kalteng menjadi lebih lebih baik dan lebih maju dalam hal pembangunan. Semoga pemimpin kita yang baru dilantik ini diberi kesehatan dan kekuatan, serta selalu arif bijaksana dalam memimpin provinsi ini,” ucap Pdt Mediorapano.

Tokoh Agama Hindu Walter S Penyang berharap bantuan-bantuan yang diberikan pemprov  kepada masyarakat benar-benar menyentuh mereka yang membutuhkan, sehingga kehadiran pemerintah sungguh-sungguh dirasakan.

“Satu pesan saya, semoga gubernur dan wakil gubernur yang baru dilantik ini benar-benar memperhatikan masyarakat daerah pinggiran, baik pada sektor pembangunan infrastruktur, kesehatan, maupun pendidikan,” tuturnya.

Tokoh Agama Kaharingan Prada berharap di bawah kepemimpinan gubernur dan wakil gubernur yang baru dilantik ini, kesejahteraan masyarakat terus meningkat ke depannya.

“Kepada gubernur dan wakil gubernur yang terpilih, kami harap bisa membawa provinsi ini ke arah yang lebih baik dan lebih maju lagi,” tuturnya.

Ucapan selamat juga disampaikan oleh Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kalteng Khairil Anwar. Pihaknya menyebut, selama periode pertama Sugianto, perkembangan dan kemajuan sarana dan prasarana, termasuk infrastruktur jalan, sudah berjalan baik.

“Tentu perlu peningkatan lagi, seperti peningkatan infrastruktur di desa-desa terpencil, supaya akses jalan lebih baik lagi,” ucapnya.

Tak hanya itu, pihaknya juga berharap pemerintah daerah tidak hanya memprioritaskan kesejahteraan duniawi masyarakat, tetapi juga peningkatan dari sisi karakter akhlak anak-anak bangsa. Pihaknya meminta agar dalam setiap kegiatan keagamaan, dihadiri langsung oleh gubernur atau wakil gubernur.

“Selain itu, selaku pengurus Masjid Raya Darussalam yang saat ini berada di bawah Pemprov Kalteng, tentu kami memerlukan dana berkenaan dengan operasional masjid,” tegasnya.

Pihaknya pun berharap selama masa kepemimpinan Sugianto-Edy, keberadaan rumah-rumah ibadah diperhatikan pemprov. Selaku rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya, Khairil Anwar berharap agar gubernur dan wakilnya dapat memperhatikan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Kalteng ini. Pandemi Covid-19 telah berdampak buruk pada perekonomian masyarakat, termasuk orang tua para mahasiswa.

“Saya lihat betapa besar keinginan H Sugianto Sabran agar generasi muda Kalteng ini dapat melanjutkan pendidikan hingga perguruan tinggi,” singkatnya.

Untuk itu, diperlukan dukungan pemprov kepada masyarakat dalam bentuk bantuan maupun beasiswa sehingga dapat meningkatkan indeks pendidikan.

Terpisah, Rektor Universitas Palangka Raya Dr Andrie Elia juga mengucapkan selamat atas pelantikan Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran dan Wakil Gubernur H Eddy Pratowo.

“Semoga amanah ini dapat dijalankan dengan penuh tanggung jawab dan tulus untuk membawa Kalteng lebih BERKAH dan masyarakat Kalteng lebih sejahtera,” ucapnya.

Pemimpin yang baru ini diharapkan bisa fokus terhadap penanganan Covid-19 agar pandemi segera diakhiri.

“Juga harus ada pemahaman tentang strategi pertumbuhan ekonomi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tambahnya.

Pembangunan juga harus tetap fokus pada via misi yang telah disampaikan kepada masyarakat saat kampanye beberapa waktu lalu, sehingga masyarakat dapat merasakan pembangunan yang berjalan nanti.

Rektor Universitas Muhammadiyah Palangka Raya (UMP) Sonedi mengatakan, pasangan Sugianto-Edy diharapkan dapat menjalankan tugas dengan tanggung jawab dan berkeadilan untuk kesejahteraan semua masyarakat Kalteng. “Harapan kami semoga Sugianto-Edy mampu membangun Kalteng di segala bidang, khususnya pembangunan sumber daya manusia, karena ke depan sangat dibutuhkan tenaga-tenaga profesional yang memiliki kompetensi yang andal,” tuturnya. (abw/nue/ce/ala)

Exit mobile version