Site icon KaltengPos

Sebelum Pelantikan, Sugianto-Edy Menjalani Isolasi Mandiri dan Swab PCR

SUGIANTO-EDY PRATOWO

PALANGKA RAYA-Persiapan acara pelantikan Sugianto-Edy makin matang. Jumat (21/5) telah dilaksanakan rapat koordinasi bersama Biro Protokol Sekretariat Presiden. Sekda Kalteng H Fahrizal Fitri memastikan bahwa pelantikan akan dilaksanakan Selasa (25/5) pukul 10.00 WIB oleh Presiden RI Joko Widodo.

“Karena dalam suasana pandemi Covid-19, maka pelantikan dilakukan secara sederhana, tamu undangan sangat terbatas,” terang Fahrizal Fitri.

Ditambahkannya, pelaksanaan dimulai dari 24 Mei, yakni pemeriksaan tes swab PCR terhadap gubernur dan wakil gubernur terpilih. Undangan yang akan hadir yaitu Sugianto-Edy beserta keluarga diwakili dua orang, sekda, dan ketua DPRD provinsi. Pada Selasa pagi (25/5) akan dilakukan geladi resik.

Kemudian pada pukul 09.45 WIB dilakasanakan prosesi penyerahan salinan keppres, lalu pukul 10.00 WIB dilakukan pengambilan sumpah dan janji sebagai gubernur dan wakil gubernur.

“Gubernur dan wakil yang akan dilantik diminta untuk sudah harus melakukan isolasi dan mengurangi interaksi dengan orang lain. Ini sudah ditindaklanjuti dan disampaikan,” tambahnya.

Sekda juga menyebut bahwa unsur forkopimda yang akan hadir d Istana Negara dalam acara tersebut dibatasi. Begitu pun dengan para menteri yang akan mendampingi. Hanya akan dihadiri Menkopolhukam, Mendagri, dan Mensesneg. Yang tidak bisa hadir langsung dapat menyaksikan acara tersebut melalui kanal YouTube.

Terpisah, wakil gubernur terpilih Edy Pratowo mengatakan, pada prinsipnya ia akan mengikuti semua proses yang berjalan nanti, mulai dari awal hingga akhir pelantikan.

“Saya juga akan mendampingi Gubernur H Sugianto Sabran, dan kami sudah terima hasil rakor terkait persiapan pelantikan,” tuturnya.

Sesuai jadwal yang sudah ditetapkan, Sugianto dan Edy akan mengikuti tes swab PCR di Jakarta, tepatnya di rumah sakit rujukan seperti RS Bunda, RS Siloam dan RS Medistra. Keduanya pun sudah siap melaksanakan isolasi mandiri maupun pemeriksaan kesehatan. (nue/ce/ala)

Exit mobile version