Site icon KaltengPos

Kasus Menurun, Vaksinasi Digencarkan

PALANGKA RAYA-Beberapa pekan terakhir, kasus Covid-19 di Kalteng terus melandai. Kondisi ini tidak lepas dari penerapan protokol kesehatan (prokes) yang ketat oleh masyarakat serta makin meratanya penyuntikan vaksinasi. Pemerintah pun terus menggencarkan vaksinasi, baik untuk suntikan dosis pertama, kedua, maupun dosis ketiga atau booster.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kalteng dr Suyuti Syamsul melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit dr Rizal Syahputra mengatakan, sejauh ini ketersediaan atau stok vaksin di Kalteng mencukupi.

“Jumlah vaksin yang ada saat ini mencukupi untuk vaksinasi dosis pertama, dosis kedua, maupun dosisi ketiga untuk masyarakat Kalimantan Tengah,” ucapnya kepada Kalteng Pos via sambungan telepon, Senin (28/3).

Pihaknya juga menyebut bahwa berdasarkan angka kasus Covid-19 saat ini, pandemi di Kalteng bisa dikatakan sudah melandai. Sebelumnya angka kasus per hari di atas 100. Namun sekarang ini hanya berkisar di angka 50 kasus per hari.

Lebih lanjut dikatakannya, sejauh ini vaksinasi boster masih rendah, karena baru mencapai angka 8,3 persen. Apalagi belum ada regulasi terkait vaksinasi booster. Yang diwajibkan hanyalah vaksinasi dosis pertama dan dosis kedua. Vaksinasi booster masih bersifat opsional. Dalam artian, masyarakat punya hak memilih untuk menerima vaksinasi booster.

“Kami harapkan agar secepatnya ada regulasi yang dikeluarkan supaya capaian vaksinasi booster lebih meningkat,” tambahnya.

Stok vaksin yang dimiliki  Kalteng untuk vaksinasi dosis ketiga atau booster mencakup vaksin Moderna, Astrazeneca, Pfizer, Johnson & Johnson. Ketersediaan vaksin cukup untuk melayani masyarakat Kalimantan Tengah. Kalaupun ke depannya kurang, pihaknya bisa menyampaikan ke pusat untuk mengalokasikan tambahan vaksin ke Kalteng.

“Rata-rata kasus baru Covid-19 per hari adalah 54-55 kasus. Itu berdasarkan data dari tanggal 21 hingga 27 Maret. Sementara data mingguan kasus baru Covid-19 yakni 379 kasus. Angka ini lebih rendah dibandingkan angka kasus pada pekan sebelumnya,” sebutnya.

Dikatakannya, Provinsi Kalteng memiliki sasaran vaksinasi sebanyak 2.6 juta jiwa. Saat ini capaian vaksinasi dosis pertama (I) berada pada angka 96%, dosis kedua (II) pada angka 76%, dan dosis ketiga atau booster baru menyentuh angka 8,3%. Rata-rata suntikan vaksin Covid-19 per hari mencapai 8.835 suntikan.

Stok vaksin Moderna saat ini masih ada 4.390 dosis, Astrazeneca 43.762 dosis, Pfizer 14.760 dosis, Johnson & Johnson 1.680 dosis, CoronaVac/Sinovac 122.178 dosis, dan Covovac sebanyak 30.660 dosis. (nue/ce/ala/ko)

Exit mobile version