Site icon KaltengPos

Hari Kedua Pelaksanaan SKD CPNS Kemenkumham Berjalan Lancar

Peserta saat akan mengikuti SKD CPNS Kemenkumham di Hotel Luwansa, Rabu (29/9).

PALANGKA RAYA-Minat untuk menjadi ASN tidak pernah berkurang, bahkan di Tahun 2021 ini, ada sebanyak 4445 orang mendaftar di penerimaan CPNS Kanwil Kemenkumham Kalimantan Tengah. Dan, dari total tersebut, sebanyak 3016 orang lolos administrasi untuk memperebutkan 99 formasi yang terdiri dari 98 formasi penjaga tahanan dan 1 formasi pemeriksa keimigrasian.

Pada hari kedua Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang bertempat di Hotel Luwansa, jumlah peserta yang hadir sebanyak 320 orang, tidak hadir 40 orang. Pelaksanaan SKD pun berlangsung dengan lancar dan tertib sesuai dengan tata tertib pelaksanaan CAT yang telah diinformasikan lebih dulu kepada peserta.

Kepala Divisi Administrasi, M. Ikmal Idrus yang juga selaku ketua panitia mengungkapkan, tahapan tes SKD berjalan lancar tanpa kendala sedikitpun. Baik dari segi sarana maupun prasarana. Namun pihaknya mengaku akan terus melakukan evaluasi dari pelaksanaan hari sebelumnya.

M. Ikmal Idrus berpesan kepada seluruh peserta CPNS 2021 untuk tidak percaya kepada oknum yang menjanjikan kelulusan. Belajar yang serius dan jangan lupa berdoa, sebelum mengikuti ujian. Dia meminta agar melapor bila ada pihak atau oknum yang menawarkan dapat membantu kelulusan peserta.

“Percaya terhadap kemampuan diri, jangan percaya dengan pihak yang menjanjikan kelulusan peserta, itu pasti bohong. Lebih baik peserta berusaha dan sungguh-sungguh untuk mempersiapkan ujian supaya bisa lulus seleksi. Terus semangat dan semoga sukses untuk seluruh peserta CPNS tahun 2021. Namun jika masih belum beruntung, janganlah berkecil hati, sebab masih ada banyak kesempatan,”ucapnya.

Tidak lupa Kadiv Admninstrasi Kemenkumham Kalteng meminta kepada seluruh peserta yang mengikuti tes agar mematuhi protokol kesehatan sesuai yang telah ditetapkan.

Pelaksanaan SKD CPNS berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Para peserta wajib mengisi form deklarasi sehat online H-1 seleksi. Kemudian, peserta wajib membawa hasil swab PCR 2×24 jam atau swab antigen 1×24 jam dengan hasil negatif. Peserta juga wajib menunjukkan sertifikat vaksin Covid-19 minimal dosis pertama dan membawa lembar formulir deklarasi sehat, serta mengaktifkan aplikasi Peduli Lindungi sebagai syarat check in dan check out pada saat di lokasi ujian dengan melakukan scan barcode yang telah disediakan panitia.

Ujian SKD CAT terdiri dari 3 materi utama, yaitu Tes Wawasan Kebangsaaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Peserta harus mencapai nilai ambang batas (passing grade) untuk meraih kelulusan SKD CPNS 2021 yaitu 65 (TWK), 60 (TIU), dan 166 (TKP).

“Nilai ambang batas adalah nilai minimal yang harus dipenuhi oleh peserta. Untuk hasil dari SKD CPNS ini bisa kita lihat langsung melalui live streaming youtube di channel Official CAT BKN, “ucapnya.

Pada Rabu (29/9), di sesi pertama diikuti oleh 104 orang peserta, sesi kedua diikuti 102 peserta dan pada sesi terakhir diikuti oleh 114 peserta.

Adapun top ranking dari tiap sesi yaitu dengan total nilai 439 atas nama Rizky Aditya Nugraha (Sesi 1). Dengan Total Nilai 458 atas nama Heykal Azriel Liani (Sesi 2), dengan total nilai 424 atas nama Galant Maliki Akbar (Sesi 3). “Untuk hasil dari SKD CPNS ini bisa kita lihat langsung melalui live streaming youtube di channel Official CAT BKN,”ucapnya. (humas/bud)

Exit mobile version