Site icon KaltengPos

Musim Hujan, Wali Kota Cek Debit Air, Warga Diminta Jaga Kebersihan dan Drainase

PALANGKA RAYA-Akhir-akhir ini Kota Palangka Raya sering diguyur hujan dengan intensitas tinggi setiap harinya. Tentunya hal ini bisa menyebabkan potensi genangan air di beberapa daerah di Kota Cantik.

Sebagai langkah antisipasi, Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin, pada Sabtu Malam (30/1) mengecek ketinggian atau debit air secara langsung di daerah pengaringan sekitar kompleks Pasar Kahayan. Menurut Fairid, kegiatan ini adalah merupakan salah satu bentuk perhatian dari Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya dalam upaya memastikan sarana prasarana saluran air berfungsi sebagaimana mestinya terlebih saat musim hujan.

“Alhamdulilah berdasarkan pantauan saya bersama bapak Camat Jekan Raya Sri Utomo, untuk debit air di pengaringan kompleks Pasar Kahayan ini masih lancar dan masih bisa menampung dengan baik,” ucapnya kepada Kalteng Pos, Minggu (31/1).

Dengan kondisi hujan yang terus mengguyur kota ini dengan intensitas cukup tinggi, dirinya mengimbau kepada seluruh masyarakat agar bisa memperhatikan saluran air atau drainase di daerahnya masing-masing. Warga mesti memastikan apakah saluran drainasenya berfungsi dengan normal atau tidak. Selain itu penting juga untuk menjaga kebersihan dan melakukan pembersihan drainase secara berkala demi lancarnya saluran drainase.

Dia juga berpesan kepada Lurah sekota cantik, agar bisa menggerakkan peran RT RW di permukiman, agar bisa melakukan kerja bakti minimal seminggu sekali untuk menjaga kebersihan komplek terutama drainase. “Musim hujan seperti ini masyarakat harus waspada akan terjadinya genangan air akibat drainase yang tersumbat oleh sampah. Maka dari itu saya tekankan tolong perhatikan kebersihan drainase yang sudah dibangun olek Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya,” pungkasnya. (ahm/uni/pk)

Exit mobile version