Site icon KaltengPos

Bhayangkara Kami Bangga

Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo

PALANGKA RAYA- 1 Juli 2021 bertepatan dengan HUT ke-75 Bhayangkara. Tahun ini, tema yang diusung adalah “Transformasi Polri Yang Presisi Mendukung Percepatan Penanganan Covid-19 untuk Masyarakat Sehat dan Pemulihan Ekonomi Nasional Menuju Indonesia Maju”.

Sudah tak diragukan lagi, peran kepolisian sangat vital dalam menyukseskan program-program pemerintah dalam menangani pandemi. Seperti saat ini, yang fokus mempercepat akselerasi vaksinasi di seluruh Indonesia, terutama Kalteng.

Terbaru, Polda Kalteng membuka Gerai Vaksinasi Presisi. Ditujukan untuk masyarakat yang tidak sempat melakukan vaksinasi di jam kerja. Gerai akan dibuka setiap hari. Untuk lokasinya, tidak hanya di Palangka Raya. Melainkan di seluruh Kalteng, mulai dari tingkat polres sampai polsek.

“Kami gencarkan lagi vaksinasi. Alhamdulillah, sampai bulan Juni akhir ini, vaksinasi sudah over prestasi. Awal Juni lalu masih 30 persen, sekarang di atas 75 persen vaksinasi dari total jumlah vaksin yang sudah didistribusikan di Kalteng,”ujar Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo kepada Kalteng Pos melalui sambungan telepon, Rabu (30/6).

“Untuk itu, kami mengajak masyarakat untuk ikut vaksinasi. Vaksin yang ada dijamin aman dan halal,”tambahnya.

Selain itu, Polda Kalteng juga melakukan langkah untuk mewujudkan pelayanan publik yang prima yang berkelanjutan melalui transformasi sistem, tata kelola, perubahan mindset, dan budaya kerja dengan konsep sustainable development, atau pembangunan yang berkelanjutan.

Dalam mewujudkan Polda Kalteng yang presisi, melakukan 101 konstruksi, 49 aplikasi, dan 134 inovasi aksi. “Polda Kalteng akan selalu mengimplementasikan empat fokus utama, yaitu penanganan Covid-19, penanggulangan karhutla, pengawalan food estate, dan penanganan kejahatan lingkungan hidup,” ungkapnya.

Wujud kebanggaan kepada korps bhayangkara pun terlisankan dari beberapa tokoh adat, tokoh agama, dan masyarakat. Ketua Pengurus Wilayah (PWNU) Kalteng HM Wahyudie F Dirun mengucapkan selamat HUT ke-75 Bhayangkara. Jasa dan pengabdian mereka untuk negara terhadap penanganan pandemi Covid-19 sudah dirasakan masyarakat secara luas, khususnya di Kalteng.

Saat ini, pandemi belum berakhir, para anggota masih terus berada di tengah-tengah masyarakat. Memberikan pelayanan dan bahkan jemput bola agar masyarakat dapat mengikuti vaksinasi Covid-19.

“Kinerja kepolisian, bersama TNI di tengah pandemi ini membuka mata masyarakat bagaimana perannyabetul-betul menjadi pengayom bagi masyarakat,” ucapnya.

Terhadap jajargon di bawah komando Kapolri Jenderal Ligit yakni prediktif, responsibilitas dan transparansi berkeadilan, sudah dapat dilihat selama ini. “Jargon presisi itu tidak hanya tulisan semata, tetapi juga sudah diimplemetasikan dan dirasakan oleh masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Ketua PW Muhammadiyah Kalteng Ahmad Syar’i mengatakan, momentum dan semangat HUT Bhayangkara tahun ini harapannya dapat lebih meningkatkan peran Polri dalam penegakan hukum yang berkeadilan. “Untuk itu, kami sepakat dan mendukung implementasi  jargon Kapolri ini,” katanya.

Tentu saja, pihaknya juga berharap Polri yang predikitif disertai kecerdasan, responsibiltas yang bertanggungjawab serta transprasi yang melahirkan amanah. Dalam konteks peran Polri dalam menanggulangi Covid-19 selama ini, pihaknya menyampaikan terima kasih dan penghargaan.

Sementara itu, salah satu tokoh Majelis Daerah Agama Hindu Kaharingan Parada juga mengucapkan terimakasih kepada jajaran Polri dalam penanganan Covid-19 selama ini. “Terima kasih atas kesigapan dalam ikut serta penanganan pandemi Covid-19,” tegasnya.

Sementara, Anggota Komisi III DPR RI Dapil Kalteng H Agustiar Sabran menyebut pendekatan Polri yang humanis yang selalu mengedepankan persuasif dalam memberikan jaminan keamanan kepada masyarakat terus ditingkatkan.

“Pendekatan humanisme bukan berarti membuat Polri menjadi lemah, melainkan akan membuat Polri dan rakyat semakin dekat. Dengan demikian rakyat bukan hanya sekadar takut dengan aparat kepolisian, melainkan segan dan bangga,” katanya.

“Saya berharap Polri terus memelihara kamtibmas tetap kondusif di tengah pandemi ini, dan ikut berperan aktif dalam melakukan penanganan Covid-19 bersama pemerintah daerah,”tambahnya.

Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran menyampaikan, di bawah komando Kapolri Jenderal Pol Listiyo Sigit Prabowo, Polri memiliki karakter tersendiri. ramah, humanis dan mengedepankan komunikasi yang terus dibangun, serta lebih mendekatkan Polri bukan hanya sebagai penegak hukum tetapi memberikan pendampingan.

“Kita melihat bahwa jajaran Polri semakin menunjukkan pendewasaan dan matang. Terlebih saat ini kepolisian menjadi garda terdepan bersama TNI mendukung pemerintah melakukan penanganan Covid-19,” tuturnya.

Kebanggaan juga diutarakan oleh Ketua Persatuan Gereja Indonesia wilayah Kalteng, Pdt Medio Rapano. Ia menyatakan bahwa pihaknya merasa  bangga dengan  pelayanan yang diberikan Polri  selama ini. Program kerja Kapolri sangat memacu kemajuan dalam hal pelayanan publik. Peran serta polri juga dapat kita lihat bersama dalam penanganan pandemi.

Dekie GG Kasenda, salah satu praktisi hukum Kota Palangka Raya yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Peradi Kalteng mengatakan, konsep presisi dalam  waktu relatif singkat sudah benar- benar dirasakan warga masyarakat. Polri punya komitmen yang kuat dalam penanganan Covid-19.(nue/sja/abw/ram)

Exit mobile version