Site icon KaltengPos

Wabup Ikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

Wabup Kapuas HM Nafiah Ibnor beserta sejumlah unsur Forkopimda Kapuas mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila yang dilakukan secara virtual memalui video converence, di Aula Bappeda Kuala Kapuas, Selasa (1/6).

KUALA KAPUAS – Wakil Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila yang dilakukan secara virtual melalui video converence dengan tema Pancasila Dalam Tindakan Bersatu untuk Indonesia Tangguh, di Aula Bappeda Kuala Kapuas, Selasa (1/6).

Dalam Upacara peringatan tersebut Presiden Republik Indonesia Joko Widodo bertindak selaku Inspektur Upacara yang digelar di Gedung Pancasila. Peserta Upacara terdiri dari Pimpinan Lembaga Tinggi Negara, Menteri Kabinet Indonesia Maju, Lembaga Pemerintah Non Kementerian, Staf Khusus Presiden dan Kepala Staf. Sedangkan secara virtual dihadiri oleh Gubernur, Forkopimda Provinsi, Bupati atau Wali Kota dan Forkopimda Kabupaten atau Kota se-Indonesia.

Presiden dalam sambutannya mengatakan peringatan ini harus dimanfaatkan untuk memperokoh nilai-nilai Pancasila dalam bermasyarakat berbangsa dan bernegara. “Kita harus mewaspadai meningkatnya rivalitas dan kompetisi, termasuk rivalitas antar pandangan, rivalitas antar nilai-nilai, dan rivalitas antar ideology,” kata Jokowi.

“Ketika konektivitas 5G melanda dunia maka interaksi antar dunia juga semakin mudah dan cepat, Kemudahan ini bisa digunakan oleh ideologi-ideologi transnasional radikal untuk merambah ke semua pelosok Indonesia ke seluruh kalangan dan keseluruh usia tidak mengenal lokasi dan waktu,” lanjutnya.

Oleh karena itu, Jokowi mengimbau untuk menghadapi kondisi tersebut diperlukan cara baru yang luar biasa dengan memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Perluasan dan pendalaman nilai Pancasila tidak bisa dilakukan dengan cara-cara biasa, diperlukan cara-cara baru yang luar biasa, memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi terutama industri 4.0. Pancasila sekaligus menjadi kontes dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan tekhnologi yang ke Indonesiaan” tuturnya.

Tidak lupa Jokowi mengatakan agar seluruh aparat pemerintah, tokoh agama dan masyarakat, kaum professional, generasi muda dan seluruh rakyat Indonesia untuk bersatu padu agar dapat bergerak aktif dalam memperkokoh nilai-nilai pancasila untuk mewujudkan Indoensia maju seperti yang dicita-citakan.

Turut hadir dalam peringatan tersebut Kepala Kejaksaan Negeri Arif Raharjo, Dandim 1011/Klk Letkol Inf Ary Bayu Saputro, Ketua DPRD Kapuas Ardiansah, Kapolres Kapuas AKBP Manang Soebeti, dan Ketua Pengadilan Negeri Kuala Kapuas Haga Sentosa Lase. (hmskmf/ans/ko)

Exit mobile version