Site icon KaltengPos

Bupati Meninjau Posko Mudik di Perbatasan

Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat didampingi Anggota Komisi III DPR RI Dapil Kalteng Ary Egahni Ben Bahat SHMH dan Kepala BPBD Kapuas Panahatan Sinaga saat meninjau Posko Penyekatan Arus Mudik Cek Poin Covid-19 Perbatasan Kapuas – Pulpis di Kecamatan Basarang, Selasa malam (4/5).

KUALA KAPUAS – Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat melakukan kunjungan kerja dalam rangka meninjau Pos Penyekatan Arus Mudik Cek Poin Covid-19 Perbatasan Provinsi Kalteng – Kalsel di Jembatan Timbang Anjir Km 12,5, Kecamatan Kapuas Timur, Kabupaten Kapuas. Kunjungan ini sekaligus memberikan bantuan berupa Sembako untuk para petugas Posko yang berjaga, Selasa sore (4/5).

Turut hadir dalam kesempatan itu, Anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Daerah Pilihan (Dapil) Kalteng Ary Egahni Ben Bahat SHMH, Sekretaris Daerah (Sekda) Kapuas Septedy, sejumlah Kepala Perangkat Daerah lingkup Pemkab Kapuas, Kabagops Polres Kapuas Kompol Aris Setiyono dan Anggota Kodim 1011/Klk.

Bupati dalam kegiatan tersebut menyampaikan, penyekatan Larangan Mudik yang berlaku dari 6 sampai 17 Mei 2021. Untuk semua orang yang ingin memasuki wilayah Kalteng, khususnya Kabupaten Kapuas. Namun kalau yang ingin memasuki wilayah Kapuas memiliki kepentingan, apalagi kepentingan Negara/Pemerintah, juga untuk pasokan sembako atau barang diperbolehkan dengan catatan memiliki keterangan rapid tes Antigen atau Swab PCR.

Dirinya menambahkan jika mereka (angkutan barang/sembako) maka, patugas posko yang akan melakukan tes tersebut agar semuanya berjalan dengan lancar. “Tesnya juga hanya 15 menit dan hasilnya akan keluar, karena tim Kesehatan akan siap disini untuk melakukan Rapid tes Antigen,” tambahnya.

Kemudian, ia menyebutkan, posko juga dibangun di Perbatasan Kapuas-Pulang Pisau di Kacamatan Basarang. Hal ini dilakukan agar siapa saja yang hendak memasuki wilayah Kabupaten Kapuas benar-benar dalam keadaan yang sehat.

“Dan yang bersangkutan bisa menunjukan hasil tes antigennya kepada petugas yang berjaga disana. Jika tidak bisa menunjukan maka petugas kita akan melakukan tes antigen ditempat, dengan catatan yang bersangkutan memang memiliki urusan yang sangat penting di Kapuas,” terangnya.

Lebih lanjut, Ben Brahim mengatakan, apa yang dilakukan ini untuk Kesehatan masyarakat dan menghindari penularan Covid-19 serta untuk memutus mata rantai penularannya. “Kita harapkan masyarakat selalu mamatuhi Protokol Kesehatan, karena masker sudah sering dibagikan secara gratis untuk selalu digunakan apabila keluar rumah, jaga kebersihan, hindari kerumunan dan menjaga jarak,” harapnya.

Ia pun mengimbau masyarakat agar selain menjaga kebersihan diri, juga menjaga kebersihan lingkungan serta rajin berolah raga dan kemudian makan makanan yang bergisi karena itu penting untuk menjaga kekebalan tubuh.

“Kembali lagi apa yang kita lakukan ini semata-mata adalah demi keselamatan dan Kesehatan kita bersama khususnya masyarakat Kapuas serta Kalteng secara umum,” ucapnya.

Kunjungan kerja Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat didampingi Anggota Komisi III DPR RI Dapil Kalteng dilanjutkan dengan meninjau Posko Penyekatan Arus Mudik Cek Poin Covid-19 Perbatasan Kabupaten Kapuas Pulang Pisau yang berada di Kecamatan Basarang, Kabupaten Kapuas, malam harinya. (hmskmf/ans/ko)

Exit mobile version