Site icon KaltengPos

Daya Saing Tenaga Kerja Perlu Ditingkatkan

Sekda Kota Palangka Raya Hera Nugrahayu saat membuka pelatihan kerja, Rabu (9/6).

PALANGKA RAYA–Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinaskertrans) Kota Palangka Raya melalui Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Balai Latihan Kerja (BLK) setempat melaksanakan kegiatan pelatihan berbasis kompetensi. Kegiatan pelatihan yang diikuti sebanyak 80 peserta tersebut dan dibuka langsung oleh Sekda Kota Palangka Raya Hera Nugrahayu, di Aula UPTD Balai Latihan Kerja, Rabu (9/6).

“Setelah mengikuti pelatihan ini, diharapkan peserta akan mampu bersaing. Baik pada dunia kerja maupun kebutuhan pasar kerja,” ungkapnya.

Dikatakannya, kegiatan pelatihan berbasis kompetensi tersebut, sangat berperan penting dalam mendukung pemulihan ekonomi, serta membuka ruang usaha baru bagi para pencari kerja.

“Melalui pelatihan ini diharapkan mereka (peserta) dapat berkreasi mandiri untuk mengembangkan keahliannya dalam bentuk nyata. Potensi mereka ini tetap diperhatikan dan disalurkan dalam dunia usaha kerja,” kata Hera.

Adapun dalam pelatihan berbasis kompetensi itu diberikan pada berbagai bidang usaha, diantaranya kejuruan garmen apparel (menjahit pakaian wanita dewasa). Lalu teknologi informasi dan komunikasi (practical office advance), bangunan (mengerjakan proses produksi furniture Kayu), teknik manufaktur (pelatihan plate welder atau teknik las), bisnis dan manajemen (pengelolaan administrasi perkantoran). (oiq/uni/ko)

Exit mobile version