Site icon KaltengPos

LKPj Pelaksanaan APBD Kalteng 2020

LAPORAN : Wakil Gubernur Kalimantan Tengah H Edy Pratowo menyampaikan jawaban gubernur atas pandangan umum fraksi pendukung DPRD terhadap Raperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD tahun 2020 secara virtual di Ruang Rapat Bajakah, Kantor Gubernur Kalteng, Rabu (14/7). (DISKOMINFOSANTIK UNTUK KALTENG POS)

Edy Pratowo Sampaikan Jawaban Gubernur Atas Pandangan Umum Fraksi

PALANGKA RAYA – Wakil Gubernur (Wagub) Kalimantan Tengah H Edy Pratowo menghadiri Rapat Paripurna ke-7 Masa Persidangan II Tahun Sidang 2021 secara virtual di Ruang Rapat Bajakah, Kantor Gubernur Kalteng, Rabu (14/7). Agenda rapat paripurna ini yakni mendengarkan jawaban gubernur atas pandangan umum fraksi pendukung DPRD terhadap Raperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun 2020.

Wagub Edy Pratowo mengatakan, dalam penyusunan laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPj) yang disusun dan merupakan amanat Permendagri Nomor 18 Tahun 2020. Pasalnya, laporan disampaikan kepada DPRD paling lambat tiga bulan setelah tahun anggaran berakhir.

“Sehingga realisasi yang disajikan dalam LKPj menggunakan data sebelum dilakukan pemeriksaan. Sedangkan untuk realisasi LKPj menggunakan data setelah pemeriksaan yang telah dilakukan penyesuaiaan oleh BPK RI sebagaimana tertuang dalam LHP BPK,” katanya saat menyampaikan laporan, kemarin.

Diungkapkannya, dalam rangka memaksimalkan kembali realisasi pendapatan asli daerah (PAD), Pemprov Kalteng terus berupaya melakukan intensifikasi dan ekstensifikasi. Tentu dengan melakukan inovasi serta membuat terobosan dalam rangka menggali potensi penerimaan daerah selain pajak dan retribusi daerah.

“Sehingga ratio penerimaan dari PAD akan semakin besar dan diharapkan terciptanya kemandirian pengelolaan anggaran daerah, yang akan berdampak terhadap kemajuan pembangunan dan kemakmuran masyarakat Kalteng,” ungkapnya.

Wagub menyampaikan terima kasih atas saran dan masukan untuk Pemprov Kalteng agar mengembangkan pola koordinasi antarinstansi maupun dengan kabupaten/kota se-Kalteng. Edy menyebutkan, akan terus mengembangkan pola koordinasi terhadap semua pihak. “Guna memperoleh hasil yang optimal, terutama dalam pelaksanaan pembangunan,” pungkasnya. (abw/ens)

Exit mobile version