Site icon KaltengPos

Vaksinasi Dosis I Capai 60 Persen

TINJAU: Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin meninjau pelaksanaan vaksinasi di kawasan pendidikan NU, Kamis (16/9). (FOTO: HUMAS WKP UNTUK KALTENG POS)

PALANGKA RAYA – Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin bersama Kepala Dinas Kesehatan drg Andjar Hari Purnomo dan Ketua Harian Satuan Tugas (Satgas) Covid -19 meninjau kegiatan vaksinasi di kawasan pendidikan Nahdlatul Ulama (NU).

Kegiatan tersebut mendapat apresiasi dari Fairid, karena kegiatan tersebut merupakan salah satu program dalam rangka membantu Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya menyukseskan vaksinasi.

Sesuai dengan petunjuk Kementerian Kesehatan (Kemenkes), pelaksanaan vaksinasi di suatu daerah baik kabupaten, kota maupun provinsi minimal realisasinya 80 persen dari total 100 persen sebagai syarat pembentukan herd imunity.

“Minimal 80 persen masyarakat yang harus divaksin, sisanya sebanyak 20 persen mungkin adalah golongan masyarakat yang tidak bisa mengikuti kegiatan vaksinasi karena adanya komorbit atau penyakit penyerta,” ucapnya.

Berdasarkan update informasi terbaru saat ini Pemko Palangka Raya progres vaksinnya telah mencapai angka 60 persen untuk penyuntikan dosis satu dan sebesar 40 persen realisasi penyuntikan vaksin dosis dua.

Fairid berharap dengan adanya kegiatan vaksinasi masal yang diadakan oleh yayasan pendidikan NU sebanyak 1.000 dosis ini bisa semua habis disuntikan kepada masyarakat, yang saat ini baru 50 dosis yang disuntikan pada pukul 09.00 WIB.

“1.000 vaksin ini ditangani oleh lima Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), sehingga tidak menyebabkan kerumunan, karena satu UPT Puskesmas menangani sebanyak 200 orang,” terangnya. (ahm/ans)

Exit mobile version