Site icon KaltengPos

Selamat Hari Raya Nyepi 1943

PALANGKA RAYA-Ketua DPRD Kalteng, Wiyatno, mengucapkan selamat Hari Raya Nyepi Tahun Baru Caka 1943 kepada seluruh Umat Hindu di manapun berada.  Dikatakannya, pandemi Covid-19 tidak hanya meruntuhkan sektor perekonomian dan lainnya,  melainkan turut berdampak pada sejumlah kegiatan ritual keagamaan, menyesuaikan dengan kondisi yang sedang terjadi.

“Seperti halnya serangkaian kegiatan untuk menyambut Hari Suci Umat Hindu yaitu Hari Raya Nyepi, yang tepat diperingati pada 14 Maret 2021 (kemaren). Dengan situasi dan keadaan yang tidak memungkinkan seperti ini, saya berharap seluruh pemuka agama dapat menyikapinya dengan baik,”ucap Wiyatno kepada Kalteng Pos, Minggu (14/3).

Politikus PDI Perjuangan Kalteng ini meyampaikan, jika pemerintah tidak pernah melarang segala macam bentuk kegiatan keagamaan. Namun selama pandemi virus Covid-19 ini belum tertangani, ia berharap umat Hindu di manapun berada dapat menyikapi dengan berbesar hati.

“Dalam kegiatan, Umat Hindu sudah dengan baik menjalankannya, dan saya ucapkan terimakasih. Kegiatan dilaksanakan Umat Hindu di tempat ibadah dan dirumah masing-masing guna menghindari penularan Covid-19. Meski demikan, prosesi kegiatan tetap berjalan dengan aman dan lancar,”jelasnya.

Lebih lanjut Bendahara DPD PDI Perjuangan Kalteng ini menambahkan, imbauan ini ditujukan pemerintah bagi semua agama. Di sisi lain pemerintah dapat memahami musibah yang terjadi tentu menyulitkan umat, salah satunya dalam melakukan ritual keagamaan.

Untuk itu dirinya meminta kepada Umat Hindu, agar menjadikan Hari Raya Nyepi tahun ini  sebagai momen memanjatkan doa memohon keselamatan bagi seluruh umat manusia.

“Secara seremonial rangkaian kegiatan Hari Raya Nyepi tetap dapat dilaksanakan, namun dianjurkan tidak melibatkan umat dalam jumlah yang banyak. Sekali lagi saya ucapkan ‘Selamat Hari Raya Nyepi’ kepada seluruh Umat Hindu di Provinsi Kalteng. Meski ditengah wabah virus Covid-19 tidak mengurangi sedikitpun Kekhusyu’an umat Hindu untuk merayakannya. (pra/uni/pk)

Exit mobile version