Site icon KaltengPos

Perbaiki Ekosistem Mangrove

Bupati Tandatangani Naskah Kerja Sama dengan Yayasan Eden Nusantara Hijau

PULANG PISAU-Bupati Pulang Pisau melakukan penandatanganan naskah kerja sama antara Yayasan Eden Nusantara Hijau dengan Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau. Penandatanganan naskah tersebut dilakukan pada Jumat (17/12) lalu di Jakarta.

               Taty mengungkapkan, kondisi hutan di Kabupaten Pulang Pisau semakin hari semakin berkurang. Menurut Taty, hal itu disebabkan berbagai macam factor.

                “Oleh karenanya, salah satu konsen pemerintah Kabupaten Pulang Pisau saat ini berkaitan dengan kelestarian lingkungan adalah perbaikan ekosistem mangrove,” kata Taty saat menyampaikan sambutan pada kegiatan tersebut.

                Bupati menjelaskan, ekosistem mangrove merupakan pertahanan terdepan wilayah pesisir dan juga sebagai daya dukung ekonomi wilayah pesisir. “Kabupaten Pulang Pisau memiliki garis pantai sepanjang 153 kilometer arah timur barat,” kata bupati.

                Taty menambahkan, topografi di garis pantai tersebut juga terbilang unik. “Mulai dari dataran tinggi berpasir, rawa gambut, alluvial dan salah satunya wilayah pesisir,” bebernya.

                Saat itu Taty juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Yayasan Eden Nusantara Hijau, karena telah memilih Kabupaten Pulang Pisau untuk melakukan rehabilitasi mangrove.

                Menurut dia, komunikasi dan koordinasi yang telah dilakukan antara Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau melalui Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pulang Pisau dengan pihak yayasan yang mendukung peningkatan kelestarian alam wilayah pesisir di Kabupaten Pulang Pisau telah terjalin sejak pertengahan 2021 ini.

                Hingga pada akhirnya, Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau dengan Yayasan Eden Nusantara Hijau berkolaborasi dan telah memasuki fase awal yang sangat penting bagi kedua belah pihak.

                “Saya atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bapak Agustin Teras Narang yang sangat membantu dan mendukung program rehabilitasi mangrove oleh Yayasan Eden Nusantara Hijau yang dilaksanakan di Kabupaten Pulang Pisau,” ucapnya.

                Saat itu Taty juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pimpinan Yayasan Eden Nusantara Hijau Arry Basoseno beserta jajaran. “Sehingga tahapan yang sangat penting ini akan kita lalui sebagai gerbang untuk melangkah ke tahap selanjutnya, yang juga tidak kalah penting baik tahap sosialisasi di masyatakat juga tahap teknis pelaksanaannya,” tandasnya. (art/ko)

Exit mobile version