Site icon KaltengPos

Servak Sasar Nelayan Pulang Melaut

SERVAK: Danlanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Herbiyantoko menyaksikan Serbuan Vaksin kepada nelayan di atas kapal di Dermaga TPI Banjar Raya Kota Banjarmasin, Kalsel, Minggu (22/8). (PENAL LANAL BANJARMASIN)

BANJARMASIN-Dengan makin meningkatnya angka penyebaran Covid-19 di elemen masyarakat Kalimantan Selatan, kali ini Pangkalan TNI AL (Lanal) Banjarmasin kembali melaksanakan Serbuan Vaksinasi (Servak) Covid-19 secara totalitas dengan memanfaatkan sarana dan prasarana yang ada, di Dermaga Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Banjar Raya Kecamatan Banjarmasin Barat, Minggu (22/8).

Kegiatan ini diikuti oleh warga pesisir Banjarmasin Barat dan Kecamatan Banjarmasin Utara yang belum pernah divaksin sama sekali. Namun servak yang diutamakan adalah para nelayan yang berhari-hari mencari ikan di laut dengan membawa hasil ikan tangkapannya.

Sebanyak sembilan kapal nelayan beserta pengawaknya yang baru datang dan bersandar di Dermaga TPI Banjar Raya ini pun jadi sasaran servak massal di dua tempat yaitu di area Dermaga dan di atas kapal nelayan. Dengan demikian mereka tidak perlu susah payah mendatangi rumah sakit ataupun puskesmas untuk mendapatkan vaksinasi.

Pada saat menghadiri, Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Banjarmasin Kolonel Laut (P) Herbiyantoko, M.Tr. Hanla mengatakan, kegiatan Servak Covid-19 terhadap para nelayan ini dalam rangka turut serta menyukseskan program pemerintah untuk pencegahan penyebaran wabah Covid-19, dan menindaklanjuti perintah dari Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M, agar jajaran TNI AL untuk terus  berperan aktif menggencarkan servak kepada warga pesisir.

“Khususnya para nelayan guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19, di wilayah kerja masing-masing, menuju Indonesia sehat dan bebas Covid-19,” ucap danlanal.

Diharapkan, dengan ini dapat meningkatkan herd immunity (Kekebalan Kelompok) para nelayan, sehingga tetap bisa mencari ikan di laut. Apalagi, produktivitas nelayan di sektor kelautan dan perikanan dapat membantu dan menopang ketahanan pangan. “Serta percepatan pertumbuhan ekonomi nasional di musim pandemi ini,” terangnya.

Danlanal membeberkan, dari pendaftar sebanyak 96 orang, semuanya berhasil divaksinasi dengan aman dan sehat dengan menggunakan vaksin jenis Sinovac. Sampai dengan saat ini, servak Covid-19 yang digelar oleh Lanal Banjarmasin sudah berhasil menyisir 9.267 orang warga pesisir Kalsel (930 Vial). (hms)

Exit mobile version