Site icon KaltengPos

Perdie Gencarkan Pemerataan Pembangunan

Bupati Mura Perdie M Yoseph

PURUK CAHU-Bupati Perdie M Yoseph terus menggencarkan pembangunan berbagai sektor di Kabupaten Murung Raya (Mura). Pembangunan tak hanya dipusatkan di perkotaan, tapi merata hingga wilayah pelosok. Sehingga semua warga merasakan kemajuan daerah dan pada akhirnya akan berpengaruh pada tingkat kesejahteraan.

Pembangunan yang dijalankan era pemerintahan Perdie M Yoseph seperti penataan perkotaan. Pembangunan infrastruktur pendukung sebagai tanda kemajuan kota terus digencarkan. Misalnya, pembangunan penerangan jalan umum (PJU) yang sedang dilaksanakan

Bupati Mura Perdie M Yoseph mengatakan, pemerintah daerah melalui Dinas Perhubungan Kabupaten Murung Raya Bidang Lalu Lintas Angkutan Jalan memerlukan dukungan peralatan mobil skylift dalam melaksanakan perbaikan dan rehabilitasi PJU. Selama ini teknisi bekerja mengunakan tangga manual. Aspek safety-nya kurang. Sangat rawan terjadi kecelakaan kerja. Selain itu, waktu yang diperlukan untuk pengerjaan rehabilitasi 1 titik PJU tidak efisien. Karena itu, mobil skylift sangat dibutuhkan oleh teknisi rehabilitasi PJU di Kota Puruk Cahu.

“Sehingga moto dari tim PJU yaitu program Murung Raya Balawa (Terang) khususnya Kota Puruk Cahu dapat tercapai,” kata Bupati, kemarin (21/11). 

Sedangkan, sambung Perdie, terhadap pemerataan listrik dari hulu ke hilir, saat ini menjadi kewenangan pemerintah pusat. Meski demikian, pemerintah daerah tetap berupaya untuk menyusun roadmap Listrik Desa (Lisdes) periode 2022-2024 dengan pihak UP2K PLN Palangka Raya, terkhusus untuk kecamatan dan desa yang belum teraliri listrik negara (PLN).

Kemudian untuk pembangunan infrastruktur lainnya, lanjut Perdie, tahun ini melalui Dinas PUPR akan dilakukan pemeliharaan overlay (lapis aspal) pada sebagian ruas jembatan serta pengecatan rangka jembatan.

“Kami menyadari bahwa anggaran yang tersedia untuk pemeliharaan dimaksud belum mencukupi, sehingga belum seluruhnya dapat dilakukan overlay. Diharapkan bisa dilanjutkan pada tahun angaran berikutnya,” kata Perdie.

Terkait pemeliharaan jalan, disampaikan Perdie bahwa pada tahun anggaran 2022, pemerintah daerah menganggarkan dana pemeliharaan jalan dalam Kota Puruk Cahu dan sekitarnya melalui pemeliharaan rutin maupun pemeliharaan berkala.

“Mengenai ruas jalan menuju kecamatan, kami sampaikan bahwa pemerintah daerah terus mengupayakan konektivitas ke wilayah ibu kota kecamatan. Saat ini pemerintah daerah sedang berkoordinasi dengan pemerintah provinsi untuk penanganan jalan dari Tumbang Lahung menuju Tumbang Kunyi, supaya bisa menggunakan APBD provinsi untuk mendukung pembiayaan proyek peningkatan ruas jalan dimaksud,” tandasnya. (dad/ce/ala)

Exit mobile version