Site icon KaltengPos

Akan Purna Tugas, PNS Sebaiknya Dilatih Kewirausahaan

Norhaini

PALANGKA RAYA–Sekretaris Komisi B DPRD Kota Palangka Raya Norhaini menyarankan, agar Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang memasuki masa pensiun agar diberi pembekalan ilmu kewirausahaan. Dengan begitu, dapat membantu para PNS merencanakan usaha ekonomi produktif seusai pensiun.

Dijelaskan Norhaini, pelatihan dimaksud yakni dengan memberi pembekalan pengetahuan dan keterampilan wira usaha kepada para calon pensiunan PNS. Misalnya pemberian keterampilan budi daya bertani.

“Pembekalan ini diharapkan dapat memotivasi para PNS agar menyiapkan fisik dan mental memasuki masa purna tugas, sehingga ketika purna tugas para ASN ini bisa tetap melakukan aktivitas fisik,” ungkapnya kemarin.

Lebih lanjut Norhaini mengingatkan, para PNS yang akan melaksanakan purna tugas agar tidak gelisah dan merasa khawatir. Masa pensiun menurutnya bukan akhir untuk berkarya akan tetapi awal yang baru memulai kehidupan.

“Siapkan mental psikologis untuk menghadapi situasi yang baru. Jangan berhenti untuk berkarya dilingkungan sosial masing-masing,” tegas Srikandi dari Fraksi Partai Golkar DPRD Kota Palangka Raya ini.

Para PNS yang telah puluhan tahun mengabdi secara kedinasan itu, lanjut Norhaini, telah memiliki keterampilan dan kemampuan sesuai bidang yang dijalaninya. Hal tersebut tentunya dapat diterapkan untuk mengabdi di tengah masyarakat dengan berkarya, salah satunya berwirausaha.

“Kemampuan yang dimiliki selama bekerja merupakan potensi diri yang masih bisa dikembangkan dan dimanfaatkan ditengah masyarakat. Sehingga dapat ikut serta mendukung keberhasilan pembangunan daerah,” pungkasnya. (ahm/uni/ko)

Exit mobile version