Site icon KaltengPos

Responsif Menyikapi Aspirasi

Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin

PALANGKA RAYA-Tak terasa tahun ini merupakan tahun ketiga Fairid Naparin menjabat sebagai Wali Kota Palangka Raya. Di bawah komando anak muda, ternyata pembangunan dan kemajuan ibu kota tidak kalah hebatnya dengan pemerintahan sebelumnya. Sebagai kepala daerah, gaya kepemimpinan yang diperlihatkan oleh anak kandung dari pasangan H Abdul Razak dan Hj Zaidah Abdul Razak ini benar-benar visioner.

Di mata masyarakat, mulai dari ketua RT/RW, pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM), tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda, hingga jajaran kepala perangkat daerah (PD), sosok wali kota kelahiran 28 Agustus 1985 itu merupakan pemimpin yang santun dalam bertutur serta responsif dalam menyikapi setiap aspirasi yang disampaikan masyarakat secara langsung maupun melalui media sosial. 

Jhon Tinggar selaku Ketua RT 07/RW 03 Kelurahan Bukit Tunggal merasakan kemajuan Kota Palangka Raya era kepemimpinan Fairid Naparin. Warga yang tinggal di perumahan Jalan Lele tersebut mengapresiasi kecepatan pemerintah dalam menangani jalan yang menjadi akses menuju permukiman warga. Salah satu program kerja yang sudah dikerjakan Fairid di antaranya perbaikan dan pengaspalan Jalan Lele.

“Jalan di muka sini baru selesai diperbaiki bulan kemarin, sekarang warga lebih nyaman melewati jalan di sini,” kata Jhon di kediamannya, kemarin (27/8).

Sebelumnya, kata Jhon, jalan tersebut dalam kondisi rusak dan berlubang. Sudah lama pihaknya mengusulkan perbaikan. “Baru di zaman Pak Fairid ini terealisasi,” ucapnya.

Jhon juga mengusulkan agar pemerintah membangun drainase di sepanjang jalan tersebut.

“Jalan ini kan sudah  bagus, kalau bisa tolong dibikin parit untuk pembuangan air, sehingga air yang tergenang di jalan bisa mengalir dengan lancar,” ujar pria yang sudah dua tahun menjabat ketua RT.

“Saya juga ucapkan selamat ulang tahun kepada Bapak Wali Kota Fairid Naparin. Semoga panjang  umur  dan selalu diberi kesehatan,” tambahnya.

Para pelaku UMKM di Kota Palangka Raya juga mengapresiasi kepemimpinan Fairid Naparin yang responsif dalam menyikapi setiap aspirasi masyarakat. Mansyah, salah satu pelaku UMKM mengaku tidak bisa melupakan momen pada 2020 lalu. Kala itu ia mendapat bantuan peralatan budi daya ikan dari Pemko Palangka Raya. Bantuan itu merupakan program pemko dalam rangka pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Mansyah pernah mengikuti pelatihan budi daya ikan yang diinisiasi Dinas Perikanan (Diskan) Kota Palangka Raya.

“Waktu itu saya dikasih terpal biru beserta rangka baja untuk pembuatan kolam ikan, juga diberi kurang lebih 1.000 bibit ikan lele dan pakan ikan sebanyak 400 kilogram,” tutur Mansyah.

Ia mengaku senang karena mendapat perhatian dari pemko. Dengan adanya bantuan itu, ia pun mulai bergelut dengan usaha baru beternak ikan lele.

Mansyah mendoakan agar Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin terus maju dalam kariernya. “Saya harap bantuan pemulihan ekonomi diberika lagi untuk masyarakat, terima kasih Pak Wali Kota,” ujarnya.

Ucapan doa dan harapan untuk Wali Kota Palangka Raya di usianya yang ke-36 juga disampaikan oleh para tokoh agama dan akademisi di Kota Cantik ini. Seperti yang disampaikan Ketua Nahdlatul Ulama (NU) Kota Palangka Raya Syahrun. Mendoakan agar Wali Kota Fairid Naparin selalu diberikan berkah dan dilimpahi kesehatan.

“Semoga beliau (wali kota, red) selalu sehat dalam memimpin kota ini, diberikan kemudahan terutama dalam menangani pandemi Covid-19, dan Kota Palangka Raya makin maju di bawah kepemimpinan beliau,” kata Syahrun, Jumat (27/8).

Pihaknya menilai kepemimpinan Fairid telah memajukan infrastruktur jalan kota. Juga ada keseriusan dalam menangani pandemi Covid-19 di Kota Cantik. “Spesifiknya beliau itu sosok yang mau mendengarkan aspirasi,” tambahnya.

Hal serupa disampaikan Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Palangka Raya Sofyan Sori. Kepempimpinan Fairid Naparin di usia yang masih energik ini, diharapankan terus membawa perubahan untuk Kota Cantik.

“Saya juga sampaikan terima kasih kepada beliau karena sudah membantu pembangunan Pondok Pesantren Muhammadiyah,” tuturnya.

Rektor IAIN Palangka Raya Khairil Anwar turut mendoakan agar Fairid Naparin diberi kesehatan dan panjang usia, dimudahkan rezeki, dan selalu dalam lindungan Allah Swt. Sebagai akademisi, pihaknya menyebut menilai wali kota sudah banyak memberi perhatian untuk dunia pendidikan.

“Semoga terus ditingkatkan lagi, terlebih saat ini ada mahasiswa dan keluarganya yang terdampak Covid-19 memerlukan bantuan dana atau bantuan sosial lain,” katanya.

Khairil juga menyinggung soal akses internet yang saat ini sangat diperlukan mahasiswa untuk mengikuti kuliah daring. Lantaran masih ada wilayah di Palangka Raya yang tak ada akses internet.

“Sedangkan pembangunan infrastruktur sudah makin baik, banyak jalan diperbaiki, bahkah daerah yang biasanya banjir sekarang sudah bebas banjir,” tambahnya.

Ketua PGI atau Ketua Resort GKE Palangka Raya Mediorapano juga mengutarakan ucapkan selamat kepada wali kota yang berulang tahun ke-36. “Doa kami, kiranya beliau diberi umur panjang dan makin sukses dalam kepemimpinan membawa Kota Cantik ini lebih maju dan sejahtera,” ucapnya.

“Walaupun terbilang muda, beliau merupakan sosok pemimpin yang mengayomi semua lapisan masyarakat. Kami doakan beliau makin sukses dalam kehidupan pribadi, keluarga, dan sebagai pemimpin masyarakat. Tuhan memberkati,” tambahnya.

Ketua Harian DAD Kota Palangka Raya Lambang I Tubil mengatakan, sosok Fairid Naparin di mata publik merupakan orang muda yang hormat pada orang tua, santun, dan konsisten pada visi pembangunan infrastruktur ekonomi masyarakat Kota Cantik.

“Gaya kepemimpinan yang diperlihatkan selama ini sangat demokratis, dinamis, terpimpin, serta selalu berpikir positif dan memberi kepercayaan kepada bawahan,” ungkapnya.

Ketua KNPI Kalteng Rahmad Handoko mengatakan bahwa sebagai seorang wali kota, Fairid Naparin merupakan sosok pemimpin muda yang energik.

“Saya secara pribadi karena pernah bekerja sama saat menjabat Ketua KNPI Provinsi, beliau selalu ingin mendengarkan apapun masalah yang terjadi dan bersama-sama merumuskan solusi,” tuturnya.

Sementara itu, sosok Wali Kota Fairid Naparin di mata kepala perangkat daerah (PD) merupakan pemimpin milenial yang visioner dan totalitas dalam menjalankan program kerja. Salah satunya dalam penanganan pandemi. Hal itu diutarakan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Andjar Hari Purnomo.

Dikatakan kadinkes, sejak pandemi Covid-19 melanda kota ini pada Maret 2020, wali kota langsung mengambil tindakan cepat agar RSUD Kota yang berada di Kelurahan Kalampangan dijadikan tempat penanganan pasien Covid-19, meski RSUD hanya kelas D. Namun bisa disulap jadi tempat penanganan pasien Covid-19. Menggelontorkan dana untuk pembuatan sekat-sekat ruang isolasi.

“Setelah dibuat tempat isolasi di RSUD Kota, Palangka Raya masih mengalami masalah di sektor testing karena keterbatasan peralatan,” ujarnya.

“Kebijakan beliau yang sangat responsif membuat kami selaku leading sektor penanganan Covid-19 Kota Palangka Raya lebih cepat dan bebas bergerak, karena kami di-support penuh oleh pak wali,” kata Andjar.

Menurut pria yang berprofesi dokter gigi ini, wali kota merupakan sosok visioner. “Visioner di sini dapat saya artikan dimana pada 2021 pemerintah pusat merekomendasikan untuk pembuatan tempat isoman terpusat, tapi Bapak Fairid sudah konsisten melakukannya sejak 2020 lalu,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Arbert Tombak mengungkapkan, selama dua tahun kepemimpinan Fairid Naparin, kemajuan infrastruktur di kota ini luar biasa. Dua tahun pertama wali kota fokus pada pembangunan jalan dan drainase.

Dikatakan Arbert, selama kepemimpinan Fairid, ada tiga kawasan skala prioritas pembangunan. Pertama, wilayah Kelurahan Panarung terutama di daerah Jalan Jati dan Karet. Kedua, wilayah Kelurahan Bukit Tunggal khususnya Jalan Rajawali. Ketiga, wilayah Kelurahan Menteng, khususnya Jalan Temanggung Tilung.

Di luar prioritas itu, wali kota tetap menyediakan space untuk penanganan infrastruktur, terutama jalan-jalan yang dinilai rawan terjadi kecelakaan.

“Ini bukan cuma omongan belaka, tapi memang terbukti. Contohnya, pembangunan drainase di Jalan Temanggung Tilung, saat ini tidak ada lagi genangan air kalau turun hujan,” ucap Arbert.

Arbert juga menilai sosok Fairid sebagi pribadi yang pandai menjalin komunikasi dan mampu bekerja sama membangun sinergi secara vertikal maupun horizontal, sehingga pembangunan kota bisa berjalan maksimal. “Kami dimudahkan berkomunikasi dengan pihak PUPR provinsi dan Balai Jalan karena sinergi yang baik antara wali kota dengan dua instansi tersebut,” bebernya.

“Selamat ulang tahun Bapak Fairid Naparin, semoga panjang umur, sehat selalu, dan tetap berkarya berinovasi, serta berkolaborasi demi kemajuan kota ini,” ujar Arbert.

Terpisah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Achmad Zaini mengatakan, Fairid Naparin selalu berkomitmen untuk memastikan kualitas lingkungan hidup di kota ini selalu terjaga kondisinya. Terutama dalam hal penanganan sampah. Wali kota lebih menekankan perubahan perilaku masyarakat agar tidak semua sampah rumah tangga dibuang ke tempat pemrosesan akhir (TPA).

Karena itu didirikan sejumlah bank sampah yang tersebar di Kota Palangka Raya, dengan tujuan agar masyarakat bisa memilah antara sampah yang bisa disetorkan ke bank sampah untuk diolah lagi dengan sampah lain yang tak bisa didaur ulang.

Di mata Zaini, Wali Kota Fairid Naparin dikenal sosok energik serta pandai dalam memanfaatkan kecanggihan teknologi.

“Beliau begitu aktif membangun komunikasi dengan kami melalui medsos, tanpa harus tatap muka, bahkan di saat jam orang tidur, beliau masih memikirkan pembangunan kota ini, kadang kala tengah malam saya berkoordinasi dengan beliau terkait upaya peningkatan lingkungan hidup, intinya menjadi kepala dinas siap kerja 24 jam di bawah komando beliau,” tuturnya.

Terakhir, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Palangka Raya Gloriana Aden merasa terharu, karena selama kepemimpinan Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin, DPKP selalu di-support penuh.

Perhatian dan dukungan morel dari Bapak Fairid sangat memotivasi, sehingga kami bisa terus bekerja dengan semangat. Dukungan berupa bantuan sarpras penunjang tugas pokok dan fungsi kami di lapangan sangat berarti untuk pelayanan publik. Kinerja DPKP yang memiliki mobilitas tinggi selalu mendapat perhatian khusus dari wali kota, termasuk makan-minum dan kesejahteraan anggota.

“Pak wali selalu mengingatkan dan berpesan agar anak-anak (anggota) tetap sehat dan tenang dalam menjalani tugas,” tuturnya.

Bagi Gloriana Aden, Fairid merupakan sosok pemimpin milenial, bijaksana, dan mau mendengarkan saran atau masukan dari bawahan. “Kalau ada masalah, beliau panggil kami untuk berdiskusi, diberi ruang untuk klarifikasi, sangat bijak. Selalu bersama-sama mencari solusi untuk suatu permasalahan,” ucap Glory.

Wali Kota Fairid Naparin, lanjut dia, dinilai sangat bijaksana, karena tidak mengarahkan atau memerintahkan segala sesuatu sesuai dengan kehendak pribadi. Sebelum mengambil keputusan, selalu berkoordinasi dengan instansi teknis.

“Selamat ulang tahun ke-36 Bapak Wali Kota, semoga sehat selalu, panjang umur, senantiasa berlimpah rezekinya, semoga lebih bijak lagi, dan apa yang menjadi cita-cita dan keinginan terkabulkan, amin,” pungkasnya. (abw/sja/ahm/ce/ala)

Exit mobile version