Site icon KaltengPos

Senpi Para Anggota Polres Katingan Diperiksa

PENGECEKAN: Kapolres Katingan AKBP Paulus Sonny Bhakti Wibowo SH SIK MIK didampingi Wakapolres Kompol Hemat Siburian ketika mengecek senjata api dinas, Jumat (29/10). (JERI/KALTENG POS)

KASONGAN-Untuk mengantisipasi penyalahgunaan senjata api (Senpi) dinas yang dipegang oleh personel Polres Katingan, Kapolres Katingan AKBP Paulus Sonny Bhakti Wibowo SH SIK MIK mengecek kondisi senpi dinas.

Tak hanya itu, anggota yang memegang senpi juga turut diperiksa. Pengecekan dan pemeriksaan ini, didampingi langsung oleh Wakapolres Kompol Hemat Siburian, dan Kasi Propam Ipda Eko Risnanto, di halaman Mako Polres Katingan, Kamis (28/10).

Pada pengecekan dan pemeriksaan ini, yang menjadi perhatian orang nomor satu di Polres Katingan yaitu masalah administrasi pemegang senpi, hingga kebersihan senpi.

Kapolres Katingan AKBP Paulus Sonny Bhakti Wibowo menjelaskan, bahwa pemeriksaan senpi ini merupakan bentuk pengawasan. Ini agar anggota Polri, terutama pemegang senpi untuk lebih berhati-hati dalam menggunakannya, saat melaksanakan tugas di lapangan.

“Jadi harus dilakukan pengawasan,” katanya kepada Kalteng Pos, Jumat (29/10).

Di kesempatan ini, selaku pimpinan dia mengingatkan anggotanya, dalam penggunaan senpi harus memperhatikan SOP penggunaan. “Jangan sembarangan,” tegasnya.

Selanjutnya AKBP Sonny juga mengungkapkan, bahwa tidak semua anggota diberikan senpi. Sebab ada beberapa tahapan yang harus ditempuh oleh setiap personel, antara lain uji kelayakan dalam memegang senpi.

“Jadi bagi anggota yang memenuhi syarat saja boleh memegang senpi. Sedangkan yang tidak memenuhi syarat tidak boleh. Kemudian kita juga mengingatkan anggota yang meminjam pakai senpi, harus terus merawat, dan menjaga kebersihan senjata, serta memperhatikan kelengkapan suratnya,” tandasnya. (eri)

Exit mobile version