Site icon KaltengPos

Cegah Stunting Sedini Mungkin

MEMERANGI STUNTING: Bupati Seruyan Yulhaidir saat membuka kegiatan Sosialisasi, Konvergensi Pencegahan dan Penurunan Kasus Stunting, Jumat (17/9). (FOTO: YAD/KALTENGPOS)

KUALA PEMBUANG- Bupati Seruyan Yulhaidir didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Seruyan Fauziah Yulhaidir membuka secara resmi kegiatan Sosialisasi, Konvergensi Pencegahan dan Penurunan Kasus Stunting di Kecamatan Seruyan Raya dan Kecamatan Danau Sembuluh, Jum’at (17/9).

Kegiatan ini adalah untuk percepatan penanggulangan stunting, yang merupakan salah satu program nasional sejak tahun 2018 dan harus ditindaklanjuti oleh pemerintah daerah baik di tingkat provinsi, kabupaten, dan desa.

Bupati Yulhaidir dalam berharap agar semua peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan  sunguh-sunguh dan berkordinasi dengan pihak terkait, karena pencegahan stunting penting dilakukan sedini mungkin, untuk menghindari dampak jangka panjang yang merugikan.  Stunting dapat mempengaruhi perkembangan otak sehingga tingkat kecerdasan anak tidak maksimal.

Hal ini berisiko menurunkan produktivitas anak di masa depan. Stunting juga menjadikan anak lebih rentan terhadap penyakit dan berisiko tinggi menderita penyakit kronis di masa dewasanya.

Konvergensi perlu dilakukan untuk mempercepat upaya pencegahan stunting karena konvergensi merupakan sebuah pendekatan intervensi yang dilakukan secara terkoordinir, terpadu, dan bersama-sama kepada target sasaran dan rumah tangga prioritas,katanya

Selain itu, kegiatan ini adalah salah satu upaya untuk memastikan bahwa dana desa diprioritaskan untuk pencegahan stunting, dilakukan melalui fasilitasi konvergensi pencegahan stunting di desa.

Fasilitasi konvergensi dimaksud berupa pendampingan kepada pemerintahan desa dan masyarakatnya untuk mengarahkan pilihan penggunaan dana desa kepada kegiatan-kegiatan pembangunan desa yang berdampak langsung pada percepatan pencegahan stunting yang dikelola secara terpadu dengan sumber-sumber pembiayaan pembangunan lainnya.(yad/ram)

Exit mobile version