Site icon KaltengPos

Tingkatkan Kemampuan Anggota dan Relawan

LATIHAN GABUNGAN: Kepala DPKP Kota Palangka Raya Gloriana Aden (tengah) saat menyampaikan sambutannya di kegiatan pelatihan gabungan di Mako Damkar, Rabu (24/11). (FOTO: PATHUR/ KALTENG POS)

PALANGKA RAYA – Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Palangka Raya mengadakan kegiatan pelatihan dasar kemampuan anggota DPKP bersama relawan DPKP di Kota Palangka Raya, Rabu (24/11).

Kepala DPKP Palangka Raya Gloriana aden menyampaikan kegiatan ini bertujuan meningkatkan kemampuan dari anggota DPKP sendiri dan anggota relawan DPKP serta anggota Barisan Pemadam Kebakaran (Balakar).

Adapun untuk kegiatan ini sendiri diikuti oleh sebanyak 60 peserta yang dilaksanakan selama dua hari. Di hari pertama diadakan pelatihan materi. Dimana pemateri juga berasal dari Badan Nasional Search and Rescue (Basarnas) Palangka Raya.

“Ini adalah kegiatan pelatihan pertama secara tatap muka selama pandemi Covid – 19, semoga tahun depam kita bisa mengadakan pelatihan serupa yang bisa di ikuti oleh BPK – BPK se indonesia,” ungkapnya kemarin.

Lanjut glori, tidak hanya melakukan pelatihan dasar tentang pemadam api saja. Namun pihaknya juga melaksanakan pelatihan dasar penyelamatan, mengingat Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) dari pihaknya.

Selain melakukan upaya pencegahan dan pemadaman kebakaran pemukiman dan juga membantu memadamkan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), juga memiliki fungsi penyelamatan atau evakuasi.

“Kita berharap dengan adanya pelatihan ini bisa benar – benar meningkatkan kemampuan anggota DPKP, relawan dan juga BPK, karena pada pelatihan hari kedua akan dilaksanakan praktek di lapangan,” terangnya. (ahm/ans)

Exit mobile version