Site icon KaltengPos

ASN Harus Menjaga Kedisiplinan

Sekretaris Daerah Kabupaten Barito Selatan Eddy Purwanto. (JENERI/KALTENG POS)

BUNTOK-Sekretaris Daerah Kabupaten Barito Selatan Eddy Purwanto menyebutkan, bahwa dengan disiplin yang tinggi, maka sumber daya manusia (SDM) akan tercipta dengan baik. Maka dari itu, seluruh aparatur sipil negara (ASN) yang ada di Pemerintah Kabupaten Barito Selatan (Barsel) harus terus menjaga kedisiplinan dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai abdi negara dan masyarakat.

“Sebab persyaratan paling utama dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia, sangat ditentukan oleh kedisiplinan itu sendiri,” kata Eddy Purwanto saat dibincangi wartawan, Senin (11/10).

Menurut dia, bahwa kedisiplinan akan membuat PNS tahu dan dapat membedakan hal-hal apa yang seharusnya wajib dan boleh dilakukan sebagai seorang aparatur pemerintah.

“Jika aparatur tidak tahu sama sekali dengan tupoksinya, maka SDM-nya sudah bisa dianggap nol besar, dan tidak mempunyai skil,” tegasnya.

Mantan kepala Bappeda Barsel itu berharap, supaya seluruh pimpinan perangkat daerah (PD), bisa secara kontinyu melakukan evaluasi yang sifatnya sangat mendasar dan penting, terkait pelaksanaan kedisiplinan di lingkungan kantornya masing-masing.

“Terutama kepala perangkat daerah, harus bisa melakukan pembinaan dan pengawasan secara serius terhadap pelaksanaan kedisiplinan dalam lingkungan kantornya,” harapnya.

Dengan ketatnya pengawasan terhadap kedisplinan, kata dia, sangat diyakini akan memberikan keteladanan bagi semua PNS. Dengan begitu, lanjut dia, dalam menjalankan fungsi dan tugas utamanya sebagai pelayan masyarakat dan abdi negara, bisa benar-benar memberikan contoh yang positif terhadap semua aparatur yang ada untuk berbuat yang lebih baik lagi. “Pastinya untuk menjaga kontinyunitas pelaksanaan disiplin pada seluruh satuan kerja maupun unit kerja, dapat kiranya dilakukan pemantauan dan evaluasi oleh tim, pemantau termasuk dilakukan evaluasi penegakan disiplin secara periodik dan berjenjang,” ujarnya. (ner/ens)

Exit mobile version