Site icon KaltengPos

Kelola Dana Desa dengan Baik

Penjabat Bupati Barito Selatan Lisda Arriyana memimpin pengambilan sumpah/janji para kepala desa hasil Pilkades tahun 2022. (BENI/KALTENG POS)

BUNTOK – Penjabat (Pj) Bupati Barito Selatan (Barsel) Lisda Arriyana melantik 17 kepala desa (kades) hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2022 pada 5 kecamatan di Kabupaten Barsel. Para kades itu dilantik di Gedung Jaro Pirarahan, Jalan Pahlawan, Kota Buntok, Kamis (15/12/2022).

Dalam pelantikan dan pengambilan sumpah/janji 17 kepala desa ini dipimpin Pj Bupati Barsel Lisda Arriyana didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Eddy Purwanto dan Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DSPMD) Barsel Selviriyatmi.

Lisda mengucapkan selamat kepada para kades terpilih atas pilihan masyarakat di wilayahnya masing-masing dan menyampaikan agar dapat menjadi pemimpin yang menjaga amanah serta tanggung jawab yang diembannya.

“Sebagaimana sambutan saya tadi, mari ikut bersama-sama membangun dan mendukung kepala desa yang terpilih dan mendukung langkah pelaksanaan tugas kepala desanya dalam hal pelaksanaan pembangunan pemerintahan di wilayahnya,” kata Lisda Arriyana.

Pj bupati menegaskan, agar para kades dapat mengelola anggaran dana desa dengan baik berdasarkan program-program kerja yang bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat di wilayahnya dan berdasarkan hasil musyawarah bersama.

“Kita ketahui bahwa pelaksanaan pembangunan pada suatu desa itu dilakukan berdasarkan dana desa yang ada. Jadi tahapan-tahapan sekarang mulai tahapan perencanaan melalui musyawarah desa. Kami harapkan mulai tahapan perencanaan inilah, pihak desa bisa merencanakan yang memang betul-betul prioritas di suatu desa tersebut,” ungkapnya.

Dia mengharapkan kepada para kades yang terpilih untuk dapat mendongkrak perekonomian dan memaksimalkan potensi-potensi yang ada di desa untuk mensejahterakan masyarakat yang ada di wilayahnya.

“Mengimbau kepada kepala desa yang baru, juga kepala desa lainnya untuk mengaktifkan kembali Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dengan adanya dampak inflasi maupun kenaikan BBM bisa meringankan perekonomian masyarakat,” harapnya.

Pj Bupati Barsel juga mengucapkan terima kasih sebagai bentuk apresiasi kepada pihak keamanan yang sudah membantu dalam proses pilkades dan pelantikan kades dapat berjalan lancar.

“Saya mengucapkan terima kasih atas nama Pemerintah Kabupaten Barito Selatan serta jajaran serta dibantu pihak keamanan, pelaksanaan dari mulai tahapan sampai pelantikan hari ini sudah berjalan sebagaimana mestinya, yaitu aman, tertib dan sesuai ketentuannya,” ungkapnya. (*ben/ens)

Exit mobile version